Kompas.com - 09/02/2022, 16:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto memuji peran pers yang disebut mampu memerangi kabar bohong atau hoaks selama masa pandemi Covid-19.

Ia pun memberikan apresiasi tinggi kepada setiap insan pers yang merayakan Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Januari 2022.

"Saya mewakili seluruh jajaran Partai Golkar dan pihak yang menangani pandemi Covid-19, mengucapkan terima kasih kepada insan pers di seluruh Tanah Air," kata Airlangga dalam keterangannya, Rabu (9/2/2022).

Baca juga: Jokowi: Pers Indonesia Harus Mampu Hasilkan Jurnalistik Lebih Cepat, tapi Tidak Pragmatis

"Keberadaan produk-produk pers menyelamatkan masyarakat dari hoaks terkait Covid-19. Pers secara langsung membantu menangani pandemi Covid-19 di Indonesia,” lanjut Menteri Koordinator Perekonomian ini.

Airlangga yang menjabat Koordinator Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Luar Jawa Bali ini mengaku, keberadaan pers menjadi pondasi penting sebagai penjaga demokrasi dan kebebasan berpendapat di Indonesia.

Dalam perang melawan hoaks, peran pers dinilai sangat penting agar masyarakat menerima informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dia mencontohkan, berdasarkan catatan pemerintah, hoaks terkait Covid-19 masif tersebar melalui aplikasi pesan singkat maupun media sosial.

"Meskipun, penyebarannya sangat cepat, produk pers masih menjadi rujukan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi terkait pandemi Covid-19," jelasnya.

Berkaitan dengan perayaan HPN, Airlangga meminta maaf lantaran tak bisa diselenggarakan secara meriah karena pandemi Covid-19.

Namun, ia berharap HPN 2022 tetap digelar dengan khidmat dan penuh makna.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.