Kompas.com - 22/12/2021, 18:05 WIB
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Plt Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra menandatangani nota kesepahaman untuk sinergi kesuksesan penyelenggaraan pemilu, Rabu (22/12/2021).

Menurut Suhajar, nota kesepahaman ini bakal makin memperkuat kerja sama yang saling mendukung dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di pemilu mendatang.

“Terkait dengan Memorandum of Understanding (MoU) yang tadi kita tanda tangani atau baru saya paraf untuk ditandatangani Bapak Mendagri, kita juga bermaksud tentunya untuk membangun sinergitas pelaksanaan tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilihan serentak ini. Tentunya sesuai dengan koridor tugas masing-masing," kata Suhajar dikutip dari keterangan pers, Rabu.

Baca juga: Perludem: Sirekap Perlu Dipertahankan dalam Pemilu, Harus Dikelola dengan Serius

Suhajar mengatakan, Kemendagri terus menjalankan perannya dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak mendatang.

Ia menegaskan, hanya dengan membangun sinergi tugas-tugas berat dalam penyelenggaraan pemilu dapat terlaksana dengan baik.

Adapun berbagai upaya yang dilakukan Kemendagri di antaranya dengan menjamin ketersediaan anggaran, membantu stabilitas politik dan keamanan, menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), serta memberikan dukungan atas Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).

Selain itu, bentuk sinergi lainnya dilakukan dengan membangun kerja sama antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, aparat keamanan, pasangan calon, partai politik, media pers, lembaga swadaya masyarakat (LSM), hingga organisasi masyarakat.

“Peran pemerintah (pusat) dan pemerintah daerah tentunya terikat dan patuh kepada undang-undang dan aturan yang ada. Seperti nantinya kami akan terus membantu penyusunan data kependudukan sesuai dengan undang-undang, penyiapan data kependudukan DAK-2 (Data Agregat Kependudukan Per-Kecamatan) dan DP4,” ujar Suhajar.

Baca juga: Perludem: Penyelenggara Pemilu Harus Figur yang Imparsial, Kompeten, dan Inklusif

Suhajar menuturkan, Kemendagri juga berkomitmen membantu secara nyata dalam penugasan personel di sekretariat-sekretariat pendukung sampai di daerah.

Termasuk penyediaan sarana ruangan sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), pelaksanaan sosialisasi, pelaksanaan pendidikan politik, dan kegiatan-kegiatan lain yang selama ini sudah dilaksanakan.

“Kita laksanakan (penyelenggaraan pemilu secara) bahu-membahu. Insya Allah akan terus kami bangun komitmen ini untuk menyukseskan tugas-tugas penyelenggara Pemilu," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.