Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penunjukan Lodewijk Gantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR

Kompas.com - 30/09/2021, 08:09 WIB
Ardito Ramadhan,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto akhirnya menunjuk Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus sebagai wakil ketua DPR bidang politik dan keamanan menggantikan Azis Syamsuddin.

Airlangga menyerahkan langsung nama Lodewijk kepada pimpinan DPR, Ketua DPR Puan Maharani dan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Airlangga mengungkapkan, salah satu alasannya menunjuk Lodewijk karena mantan komandan jenderal Kopassus itu merupakan tokoh senior di internal partai.

"Ya tentunya kalau di partai politik, dari segi ranking senioritas adalah nomor dua adalah Sekjen. Kemudian kedua, Pak Lodewijk sudah berada di dalam Komisi I yang salah satunya juga korpolhukam," kata Airlangga di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Baca juga: Golkar Resmi Tunjuk Lodewijk F Paulus Jadi Wakil Ketua DPR Gantikan Azis Syamsuddin

Diketahui, Lodewijk saat ini duduk di Komisi I DPR yang membidangi masalah pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika, serta intelijen. Komisi I membidangi politik dan keamanan, bidang yang diemban Azis sebelumnya.

Airlangga menuturkan, penunjukkan Lodewijk telah dikomunikasikan dengan seluruh senior di Partai Golkar dan pembahasannya telah berlangsung sejak lama.

Ia menyebutkan, pembahasan itu melibatkan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono, dan Penasihat Partai Golkar Luhut Pandjaitan.

Adapun keputusan menunjuk Lodewijk untuk menggantikan Azis diambil dalam rapat pleno yang digelar di DPP Partai Golkar pada Senin (27/9/2021) lalu.

"Dan ini juga dibahas di dalam sidang harian terbatas dan dibahas di dalam sidang pleno. Jadi berbagai pertimbangan sudah diterima," ujar Airlangga.

Iya yakin, penunjukkan Lodewijk tidak akan menimbulkan faksi-faksi di internal partai berlambang pohon beringin itu.

"Tidak ada, kemaren sudah rapat, namanya rapat sudah konsensus," kata Menko Perekonomian tersebut.

Baca juga: Profil Lodewijk F Paulus, Mantan Danjen Kopassus yang Ditunjuk Gantikan Azis Syamsuddin

Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM Partai Golkar Supriansa menuturkan, dalam menentukan nama pengganti Azis, Airlangga telah mempertimbangkan berbagai sudut pandang karena posisi wakil ketua DPR merupakan posisi yang strategis.

Anggota Komisi III DPR itu pun menegaskan, seluruh kader menyerahkan sepenuhnya keputusan soal pengganti Azis kepada Airlangga selaku ketua umum partai.

"Semua menyatu bahwa apa yang ditunjuk oleh Bapak Ketua Umum Pak Airlangga dalam menentukan pengganti Pak Azis Syamsuddin, maka itulah yang terbaik dari Fraksi Partai Golkar," ujar dia.

Gelar Rapat Paripurna

Ketua DPR Puan Maharani (kanan) berfoto bersama Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) dengan menunjukkan dokumen seusai menyampaikan keterangan pers terkait Penggantian Antarwaktu Pimpinan DPR untukFfraksi Partai Golkar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/9/2021). Partai Golkar menunjuk Sekjen Partai Golkar/anggota DPR Fraksi Partai Golkar Lodewijk F Paulus sebagai calon pengganti antarwaktu Pimpinan DPR/Wakil Ketua DPR untuk menggantikan Azis Syamsuddin yang telah mengundurkan diri karena terjerat dugaan kasus korupsi. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.ANTARA FOTO/prillio Akbar Ketua DPR Puan Maharani (kanan) berfoto bersama Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) dengan menunjukkan dokumen seusai menyampaikan keterangan pers terkait Penggantian Antarwaktu Pimpinan DPR untukFfraksi Partai Golkar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/9/2021). Partai Golkar menunjuk Sekjen Partai Golkar/anggota DPR Fraksi Partai Golkar Lodewijk F Paulus sebagai calon pengganti antarwaktu Pimpinan DPR/Wakil Ketua DPR untuk menggantikan Azis Syamsuddin yang telah mengundurkan diri karena terjerat dugaan kasus korupsi. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Puan menyatakan, setelah menerima surat penunjukkan Lodewijk sebagai calon wakil ketua DPR pengganti Azis Syamsuddin, DPR akan menggelar rapat paripurna pada Kamis (30/9/2021) ini untuk membahas penggantian Azis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com