Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Polisi Jadi Calon Deputi Penindakan KPK, Salah Satunya Wakil Firli di Polda Sumsel

Kompas.com - 03/04/2020, 16:18 WIB
Ardito Ramadhan,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merilis 3 nama kandidat pengisi jabatan Deputi Penindakan KPK yang seleksinya telah melewati tahap tes kesehatan pada Kamis (2/4/2020).

Tiga kandidat itu seluruhnya berasal dari instansi kepolisian yakni Wakil Kapolda DI Yogyakarta Brigjen Polisi Karyoto, Kepala Diklat Reserse Lemdiklat Polri Brigjen Polisi Agus Nugroho, dan Wakil Kapolda Sumatera Selatan Brigjen Polisi Rudi Setiawan.

"Kamis tanggal 2 April 2020 telah dilakukan test kesehatan terhadap kandidat Deputi Penindakan yaitu Karyoto (Wakapolda DIY, Agus Nugroho (Kadiklat Reserse Lemdiklat Polri), Rudi Setiawan (Wakapolda Sumatera Selatan)," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Jumat (3/4/2020).

Baca juga: KPK Diminta Hentikan Seleksi Deputi Penindakan karena Dianggap Tak Transparan

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, Rudi Setiawan dan Ketua KPK Firli Bahuri sempat sama-sama satu kantor ketika Firli menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan.

Rudi tercatat mulai bertugas sebagai Wakapolda Sumatera Selatan sejak 22 Agustus 2019. Sedangkan, Firli menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan sejak 20 Juni 2019 hingga 19 November 2019.

Ali menuturkan, ketiga kandidat tersebut menjalani tes uji makalah, presentasi, dan wawancara pada Jumat hari ini.

Baca juga: Seleksi Deputi Penindakan KPK Mengerucut ke Tiga Kandidat

Selain itu, KPK juga telah melakukan tes uji makalah, presentasi, dan wawancara terhadap tiga orang calon Deputi Informasi dan Data KPK.

Tiga kandidat tersebut adalah Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono, Spesialis Pengolahan Data dan Informasi Utama KPK Indira Malik, dan Direktur Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Mochamad Hadiyana.

"Para kandidat tersebut sebelumnya telah mengikuti tes uji kompetensi dan asessmen yang dilakukan oleh pihak ketiga yang independen dan professional," kata Ali.

Baca juga: KPK Diminta Libatkan PPATK dalam Seleksi Deputi Penindakan

Ali mengatakan, tahapan wawancara untuk empat jabatan struktural yang sedang berlangsung seleksinya yakni Deputi Penindakan, Deputi Informasi dan Data, Direktur Penyelidikan, dan Kepala Biro Hukum akan berlangsung hingga 7 April 2020 mendatang.

KPK pun mengajak masyarakat untuk turut mengawal prosesnya dan KPK mengaku akan terbuka atas masukan dari masyarakat terkait proses seleksi tersebut.

"KPK akan memilih kandidat yang memiliki kapasitas dan kapabilitas serta mumpuni untuk masing-masing keempat jabatan struktural tersebut," kata Ali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com