Kompas.com - 27/09/2022, 13:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin akan menghadiri upacara pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Tokyo, hari ini, Selasa (27/9/2022).

Ma'ruf Amin mengatakan, ia ditugaskan hadir karena Jepang merupakan mitra penting bagi Indonesia, khususnya di bidang ekonomi.

"Saya sekarang bersiap-siap untuk menghadiri upacara pemakaman mantan Perdana Menteri Shinzo Abe. Saya diutus untuk menghadiri ini karena pertama Jepang memang merupakan mitra penting bagi Indonesia terutama di bidang ekonomi," kata Ma'ruf dalam keterangan pers, Selasa siang.

Ma'ruf mengatakan, Abe juga merupakan sosok yang berperan penting dalam meningkatkan hubungan Indonesia-Jepang.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Bertolak ke Jepang Hadiri Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe

"Sehingga hubungan itu menjadi mitra strategis dan mempererat hubungan persahabatan yang lebih akrab antara masyarakat Indonesia dan masyarakat Jepang," ujarnya.

Ma'ruf menuturkan, Indonesia juga ingin meningkatkan hubungan yang lebih erat dengan Jepang. Terutama, setelah Presiden Jokowi datang ke Jepang pada Juli 2022 lalu.

Contohnya, ia berharap protokol perubahan Indonesian-Japan Economic Partnersip Agreement (IJEPA) dapat ditandatangani pada Koferensi Tingkat Tinggi G20 November 2022 mendatang.

"Kemudian juga masalah investasi, perluasan investasi, realisasi dari perluasan investasi, dan investasi baru senilai 5,2 miliar dollar AS itu kita harapkan segera diselesaikan," ujar Ma'ruf.

Baca juga: Jepang Kucurkan Biaya Fantastis Rp 178 Miliar untuk Pemakaman Shinzo Abe

Ia juga berharap proyek-proyek strategis yang menjadi kesepakatan antara Indonesia dan Jepang dapat diselesaikan.

Selain itu, Indonesia mendorong kerja sama di bidang ekonomi syariah dan industri halal, terutama di sektor makanan, kosmetika, fesyen, dan pariwisata.

"Dalam bisnis halal ini khususnya antara lain inilah di dalam penyusunan standar pariwisata ramah muslim, standar-standarnya itu di destinasi Jepang dan kemudian juga sertifikasi halal," kata Ma'ruf Amin.

Baca juga: Pemakaman Shinzo Abe Lebih Mahal daripada Ratu Elizabeth II

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.