Kompas.com - 31/01/2022, 07:44 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga prajurit TNI AD dari Satgas Kodim Yonif Raider 408/Suhbrastha yang menjadi korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Desa Tigilobak, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua, Kamis pekan lalu, telah dimakamkan di kampung halamannya masing-masing.

Ketiganya adalah Sertu Anumerta Mochamad Rizal Maulana Arifin, Praka Anumerta Tupel Alomoan Baraza, dan Praka Anumerta Rahman Tomilawa.

Pemakaman upacara militer Sertu Anumerta Rizal dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (29/1/2022).

Sementara itu, Praka Anumerta Tumpal Halomoan Baraza dimakamkan di TMP Satria Bhakti Jambi, yang upacara pemakamannya dipimpin Pangdam II/Sriwijaya Mayjen Agus Suhardi.

Sedangkan Praka Anumerta Rahman Tomilawa dimakamkan di TPU Dusun Pahlawan Desa Tulehu Kabupaten Maluku Tengah dan upacara pemakamannya dipimpin Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon.

Baca juga: Siapa KKB Papua dan Apa Tujuannya?

Saat memimpin upacara pemakaman militer Sertu Anumerta Rizal, Dudung menyebut bahwa ketiga prajurit yang gugur sebagai pahlawan Indonesia.

"Dia gugur sebagai pahlawan, pahlawan negeri ini, pahlawan bagi bangsa ini, dan pahlawan bagi kita semua," kata Dudung dalam sebuah siaran pers, Sabtu.

Dudung mengemukakan, Sertu Anumerta Rizal semasa hidupnya telah bertugas dengan sangat baik dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga begitu besar pengabdiannya kepada negara dan bangsa.

Dudung juga menyampaikan, TNI AD akan mengurus dan memenuhi seluruh hak-hak prajurit yang gugur dalam tugas negara sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Pada kesempatan itu, keluarga Sertu Anumerta Rizal menerima santunan sebesar Rp 712.162.481 yang berasal dari KSAD, BIN, Pangdam III/Siliwangi, Pangdam IV/Diponegoro, Kasgartap II Bandung, Asabri, TWP, BRI, Bank Mandiri Taspen, dan gaji terusan selama 12 bulan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.