Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Unjuk Rasa, Pengamanan Gedung KPK Diperketat

Kompas.com - 31/05/2021, 14:55 WIB
Irfan Kamil,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dijaga ketat aparat kepolisian dari Polres Jakarta Selatan, Senin (31/5/2021) siang.

Pantauan Kompas.com, pukul 12.30 WIB sejumlah kendaraan milik satuan Brimob Polri seperti Water Canon hingga Baracuda disiagakan di depan Gedung KPK.

Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, penjagaan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi gangguan keamanan terkait unjuk rasa yang akan dilakukan di area Gedung KPK.

Baca juga: Dewas Sebut Eks Penyidik KPK Stepanus Robin Terima Suap Rp 1,6 Miliar

“Sebagaimana informasi yang kami terima dari pihak Polres Jaksel, hari ini akan ada unjuk rasa di depan gedung Merah Putih KPK,” kata Ali dalam keterangan tertulis, Senin.

“Untuk itu, sesuai tugasnya pihak Polres Jaksel melakukan pengamanan,” ucap dia.

Selain menyiagakan personel dan sejumlah kendaraan, Polres Jakarta Selatan juga membuat posko keamanan di area Gedung KPK.

Akses menuju gedung KPK pun juga sudah ditutup untuk masyarakat umum.

Seperti diketahui, kelompok masyarakat sipil hingga tokoh agama menolak keputusan KPK yang memberhentikan pegawai setelah tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Baca juga: Diberhentikan Tidak Hormat, Stepanus Robin Minta Maaf ke KPK dan Polri

Sebanyak 75 pegawai KPK dinyatakan tidak lolos tes, 51 pegawai di antaranya diberhentikan dan 24 pegawai akan dibina kembali.

Adapun KPK akan melantik 1.274 pehawai yang lolos tes wawasan kebangsaan menjadi aparatur sipil negara (ASN) pada Selasa (1/6/2021) besok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com