Wakil Ketua KPK: Pak Habibie Pemimpin yang Lengkap

Kompas.com - 12/09/2019, 08:06 WIB
BJ Habibie DOK. KEMENRISTEKDIKTIBJ Habibie

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif mengatakan, dirinya bersama KPK berduka cita atas wafatnya Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie.

Bagi Laode, Habibie merupakan sosok pemimpin yang lengkap.

"Pak Habibie adalah pemimpin yang lengkap, seorang pemikir dan amalnya menjadi role model untuk bukan cuma Indonesia tapi juga dunia. Dia betul-betul adalah orang Indonesia yang susah untuk dicari kesamaannya dengan orang lain," kata Laode usai melayat ke rumah duka di Jalan Patra Kuningan XIII Blok L15/7 No.5, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif mengatakan, dirinya bersama KPK berduka cita atas wafatnya Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie.KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMAN Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif mengatakan, dirinya bersama KPK berduka cita atas wafatnya Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie.
Baca juga: Habibie Wafat, Anies Hapus Ganjil-genap di Tiga Ruas Jalan ini


Menurut Laode, Habibie merupakan tokoh bangsa yang berkontribusi besar bagi perkembangan demokrasi di Indonesia.

"Dia betul-betul real heroes of democracy," katanya.

Ia juga melihat Habibie merupakan sosok yang tak pernah tersandung atau terlibat dalam hal-hal yang buruk.

Padahal, kata Laode, Habibie selalu memegang posisi kekuasaan yang strategis.

"Tidak pernah kita mendengarkan dia itu terlibat hal negatif padahal jabatannya selalu menteri sampai wakil presiden sampai jadi presiden. Kita tidak permah mendengar yang jelek tentang beliau," kata dia.

Baca juga: Asal Usul Nama Habibie dan Prestasinya yang Jadi Sumber Inspirasi

Seperti diberitakan, BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu, pukul 18.03 WIB.

Menurut putra Habibie, Thareq Kemal Habibie, sang ayah meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

Habibie telah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto sejak 1 September 2019.

Selama masa perawatan, Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X