Zulkifli Hasan: Sidang Tahunan MPR Membawa Pesan Persatuan

Kompas.com - 15/08/2019, 22:24 WIB
Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). KOMPAS.com/HaryantipuspasariWakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).
Penulis Icha Rastika
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meninjau langsung pelaksanaan gladi resik Sidang Tahunan MPR RI yang akan digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jum'at (16/8/2019).

Zulkifli mengatakan, tak ada yang baru dalam sidang tahunan MPR kali ini.

Namun, ia mengatakan, pesan yang akan disampaikan pada Sidang Tahunan MPR RI 2019 yakni menjahit kembali persatuan setelah terjadi polarisasi di masyarakat karena Pilpres 2019.

"Artinya, persaingan sudah usai. Mari sekarang kita bersama-sama mendukung pilihan rakyat agar Indonesia lebih baik, lebih bagus, lebih sejahtera. Nanti kalau mau tarung lagi tunggulah 2024. Jadi pesannya itu memperkuat persatuan pembangunan," kata Zulkifli.

Baca juga: Jelang Sidang Tahunan, Ketua MPR RI Imbau Masyarakat Bersatu

Dari pantauan Kompas.com, Zulkifli tampak serius memperhatikan pelaksanaan gladi resik yang diperagakan oleh staf DPR/MPR mulai dari masuknya presiden dan wakil presiden ke ruangan sidang hingga penutupan sidang.

Zulkifli mengatakan, persiapan sudah hampir selesai. Ia berharap, semua agenda berjalan lancar.

"Persiapannya sudah mencapai 90 persen saya kira, tinggal doakan besok acara sidang MPR, sidang bersama DPR dan DPD bisa lancar," ucapnya.

Selanjutnya, Zulkifli mengatakan, tema khusus dalam Sidang Tahunan MPR yakni peningkatan sumber daya manusia (SDM) unggul. Ia mengatakan, Indonesia akan menjadi tangguh apabila memiliki SDM yang unggul.

Dalam Sidang Tahunan MPR RI 2019, presiden, wakil presiden, serta ketua lembaga akan bersama-sama hadir.

Acara akan dibuka pidato Ketua MPR, dilanjutkan dengan pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo pada sidang tahunan MPR.

Baca juga: Ketua DPR Sebut Persiapan Sidang Tahunan MPR Rampung

Setelah itu, Jokowi akan membacakan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 pada sidang bersama DPR-RI dan DPD-RI.

Di tempat yang sama, Jokowi berpidato dalam rangka penyampaian Rancangan Undang-Undang APBN Tahun Anggaran 2020 disertai nota keuangan dan dokumen pendukungnya.

Pidato itu disampaikan dalam rangka rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2019-2020.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X