Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditanya Kemungkinan Menkominfo Akan Kembali Diisi Politisi Nasdem? Jokowi: Belum

Kompas.com - 07/06/2023, 10:20 WIB
Dian Erika Nugraheny,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memberikan komentar singkat saat ditanya apakah posisi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) definitif nantinya akan digantikan oleh kandidat dari Partai Nasdem.

Adapun saat ini posisi Menkominfo masih diisi oleh pelaksana tugas (plt) Mahfud MD setelah Johnny G Plate menjadi tersangka dugaan korupsi pengadaan menara base tranceiver station (BTS) 4G.

"Belum," kata Jokowi singkat sambil tersenyum saat memberikan keterangan pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (7/6/2023).

Baca juga: Ditanya Wartawan Kapan Lantik Menkominfo Definitif, Jokowi: Belum

Mendengar jawaban singkat Presiden, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang mendampingi Jokowi tertawa.

Adapun keterangan pers Jokowi pada Rabu pagi dilakukan dalam rangka memberikan informasi sebelum dirinya bertolak mengunjungi Singapura dan Malaysia.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyatakan belum akan melantik Menkominfo definitif dalam waktu dekat ini.

"Belum," ujar Jokowi.

Baca juga: Soal Perpanjangan Jabatan KPK, Jokowi: Masih dalam Kajian Menko Polhukam

Adapun Kejaksaan Agung menetapkan Menkominfo Johnny G Plate sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyediaan menara BTS 4G dan infrastruktur pendukung 1, 2, 3, 4, dan 5 Bakti Kemenkominfo tahun 2020-2022 pada Rabu (18/5/2023).

Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung Kuntadi mengungkapkan, penetapan tersangka terhadap Plate terkait wewenang dia sebagai pengguna anggaran dan posisinya sebagai menteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com