Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ma'ruf Amin Klaim Tren Elektabilitasnya dan Jokowi Naik di Jabar

Kompas.com - 09/04/2019, 20:37 WIB
Rakhmat Nur Hakim,
Krisiandi

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengklaim elektabilitasnya dan capres petahana Joko Widodo cenderung naik di Jawa Barat.

Bahkan, kata Ma'ruf, di Jabar elektabilitas Jokowi-Ma'ruf melewati Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Hal itu disampaikan Ma'ruf usai berkampanye di Lapangan PT Kertas Padalarang, Bandung Barat, Jakarta, Selasa (9/4/2019).

"Hari ini Karawang ramai. Karawang dulu kalah. Sekarang sudah menang 60 persen Insya Allah. Bandung Barat juga 70 persen, minimal 60 persen. Jabar sudah di atas 50 persen. Ini terus bergerak. Jadi kami yakin Jabar akan dimenangkan oleh 01," ujar Ma'ruf.

Baca juga: Maruf Amin: Pemimpin Itu Harus Bicara yang Bijak

Ma'ruf mengatakan, berdasarkan laporan Gubernur Jawa Barat yang juga anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Daerah Jawa Barat Jokowi-Ma'ruf, Ridwan Kamil, pasangan nomor urut 01 unggul 4 persen dari Prabowo-Sandi.

Ma'ruf mengatakan hal itu dicapai dengan kerja keras tim mereka mengklarifikasi berbagai hoaks yang menyudutkan Jokowi dan Ma'ruf. Selain itu Tim Kampanye Nasional (TKN) dan TKD Jawa Barat Jokowi-Ma'rut juga masif menyosialisasikan keberhasilan pemerintah saat ini.

Baca juga: Maruf Amin: Hari Ini Saya Akan Nyanyi, Cuma di Bandung Barat Saya Nyanyi...

"Jadi sudah naik (elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di Jabar). Karena kami memang terus pertama kita menolak hoaks, menangkal hoaks, memberikan pengertian kepada masyarakat sebenarnya apa yang sudah dilakukan Pak Jokowi dan apa yang akan dilakukan," ujar Ma'ruf.

"Dan itu mereka mulai memahami hoaks itu bohong. Nah dua hal ini ketika kami lakukan secara masif mulai dimengerti, dipahami, dan kemudian cepat meroket," lanjut Ma'ruf.

Kompas TV Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin, berkampanye ke sejumlah titik di Tangerang, Banten, Senin (8/4). Kunjungan kali ini diyakini Ma'ruf bisa semakin menambah suara, meski menurutnya paslon 01 sudah unggul di Banten. Disinggung soal elektabilitas, Ma'ruf yakin saat ini paslon 01 sudah unggul di Banten, bahkan Ma'ruf menargetkan 60 persen suara bisa diraih. Sementara, rencannya Ma'ruf Amin akan hadir dalam acara majelis taklim bershalawat di Istora Senayan, Jakarta, Senin sore. #MarufAmin #KampanyeMarufAmin #JokowiMaruf
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com