Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditanya Soal Isi Pembicaraannya dengan Khofifah, Hasto: Pilpres Masih Panjang

Kompas.com - 10/11/2022, 23:07 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Hasto Kristiyanto enggan membeberkan hasil pertemuannya dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi

Dia hanya menekankan, pertemuan yang dilangsungkan di Rumah Dinas Wali Kota Surabaya itu membahas hal-hal strategis.

"Tentu saja karena seluruh tahapan tahapan (Pilpres 2024) juga masih cukup panjang. Kami mohon maaf tidak bisa sampaikan dalam konpers ini," kata Hasto ditemui di Rumah Dinas Wali Kota Surabaya, Kamis (10/11/2022) malam.

Baca juga: Hasto Ungkap Isi Pertemuannya dengan Khofifah dan Eri Cahyadi: Strategis, Rahasia!

Berdasarkan catatan Kompas.com, nama Khofifah bahkan pernah mengungguli Ketua DPP PDI-P sekaligus Ketua DPR Puan Maharani dalam survei Charta Politika, Februari 2022.

Nama Khofifah sebagai calon presiden cukup diminati warga Jawa Timur saat survei dilakukan. Dia mendapatkan elektabilitas sebesar 13,1 persen, sedangkan Puan hanya 4 persen.

Hasto menerangkan sejumlah pujian kepada Khofifah. Misalnya, dalam hal kebijakan di sektor pendidikan dan ekonomi Jawa Timur.

"Dari aspek perkembangan pendidikan, karena Ibu Khofifah menaruh perhatian yang begitu besar terhadap kemajuan pendidikan yang ada di Jawa Timur," ucapnya.

Baca juga: Hasto, Khofifah, dan Eri Cahyadi Gelar Pertemuan Tertutup di Surabaya, Ada Apa?

"Berbagai langkah-langkah terobosan telah dilakukan melalui pendidikan dengan pola boarding school dan ternyata mampu upgrade dan akselarasi dari SMA Jatim yang kemudian banyak diterima di perguruan tinggi yang bergengsi di Tanah Air ini," lanjut dia.

Selain itu, terkait ekonomi, Khofifah juga disebut mampu mengakselerasi pertumbuhan perekonomian di Jawa Timur.

Hal ini, nilai Hasto, karena pertumbuhan perekonomian di Jatim berbasiskan pergerakan ekonomi rakyat.

"Nah itu yang menjadi konsen dari PDI-P dan ternyata Bu Khofifah menaruh perhatian yang sangat besar terhadap pergerakan ekonomi rakyat ini," puji Hasto.

Baca juga: Ungkit Dosa Pemerintah ke Soekarno dan Keluarga, Hasto: Megawati Saja Tak Bisa Lanjutkan Kuliah

Dia mencontohkan bagaimana kerja Khofifah mengatasi perekonomian Jawa Timur, meski diterpa pandemi Covid-19.

Hasto mengaku mendapatkan laporan dari Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Kusnadi bahwa perkembangan kehidupan perekonomian di Jatim menggembirakan.

"Artinya dampak pandemi yang belum selesai, kemudian krisis global teryata Jatim mampu mencapai pertumbuhan ekonomi yang di atas rata-rata provinsi lainnya," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com