Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Poros di Pilpres 2024 Dinilai Tak Jamin Hilangkan Polarisasi

Kompas.com - 10/06/2022, 20:04 WIB
Ardito Ramadhan,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat politik dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes mengatakan, tiga poros koalisi pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 belum tentu menghilangkan pembelahan atau polarisasi di masyarakat.

Hal ini disampaikan Arya merespons pernyataan anggapan koalisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dapat menghilangkan polarisasi di masyarakat.

"Belum tahu (apakah polarisasi hilang) karena kan polarisasi itu faktor pendorongnya banyak ya, bisa tim sukses, bisa kandidat, bisa pemilih loyal, bisa siapa saja," kata Arya kepada Kompas.com, Jumat (10/6/2022).

Baca juga: Pengamat: Koalisi PKS dan PKB, Upaya Lepas dari Politik Identitas

Arya menuturkan, kemunculan poros ketiga memang dapat mengurangi tensi politik karena hal itu terjadi akibat pertarungan pemilu yang kompetitif.

Tetapi, ia mengingatkan, pembelahan di masyarakat bukan hanya disebabkan oleh perbedaan pilihan politik, tetapi juga faktor-faktor lain, termasuk narasi yang diangkat oleh kandidat.

Menurut Arya, terulang atau tidaknya pembelahan di masyarakat pada Pilpres 2024, tergantung dari narasi yang dibawa oleh kandidat maupun tim sukses.

"Kita tinggal tunggu kira-kira nanti siapa yang maju dan kita lihat kira-kira narasi apa yang digunakan," ujar Arya.

"Meskipun ada tiga calon, misalnya nanti kalau kandidatnya narasinya narasi polarisasi, kan juga akan terjadi juga," imbuh dia.

Baca juga: Soal Rencana Koalisi PKB-PKS, Sekjen PDI-P: Kami Tak Campuri Rumah Tangga Parpol Lain

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengeklaim, koalisi PKB-PKS dapat menghilangkan polarisasi di tengah masyarakat.

"Kalau PKS dan PKB duduk, politik identitas hilang, pembelahan hilang, kadrun-kadrun hilang. Yang diinginkan masyarakat perut kenyang, anak-anak bisa sekolah, kesehatan bisa terjamin, masa depan Indonesia terjaga," kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Menurut Jazilul, kehadiran koalisi yang tengah dijajaki oleh PKB dan PKS ini merupakan kabar gembira karena menciptakan poros ketiga yang mencegah polarisasi.

Baca juga: Koalisi PKS dan PKB Diprediksi Sulit Terealisasi karena Tak Sepakat soal Capres

Ia mengatakan, pemilihan presiden (pilpres) hendaknya menjadi sebuah kegiatan yang berlangsung dengan suasana gembira karena pilpres sejatinya adalah pesta demokrasi.

"Demokrasi itu pesta lima tahunan yang seharusnya kita ikuti dengan riang gembira dan hari ini saya dari PKB dengan Habib (Aboe Bakar Al Habsyi) itu kira-kira membawa kabar gembira bahwa pilpres tidak akan ada gontok-gontokan," ujar Jazilul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com