Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Pranowo, "Anak Tiri" yang Lagi-lagi Tak Diundang di Acara Partainya Sendiri

Kompas.com - 14/05/2022, 15:07 WIB
Fitria Chusna Farisa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinamika internal PDI Perjuangan lagi-lagi menjadi sorotan. Ini setelah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak hadir dalam acara halalbihalal DPD PDI-P Jawa Tengah, Sabtu (7/5/2022).

Rupanya, Ganjar tak hadir bukan hanya karena dia tidak sedang berada di Jawa Tengah ketika acara berlangsung, tetapi juga karena tak diundang.

Oleh publik, dinamika ini lagi-lagi dinilai sebagai bentuk rivalitas internal PDI-P antara Ganjar dan Puan Maharani menuju Pemilihan Presiden 2024. Sebab, bukan hanya sekali ini Ganjar tak diikutsertakan dalam acara partai.

Kendati memiliki elektabilitas tinggi dan digadang-gadang menjadi calon presiden di 2024, Ganjar seolah menjadi anak tiri di partainya sendiri.

Tak diundang

Sedianya acara halalbihalal DPD PDI-P Jawa Tengah digelar di Panti Marhaen, Kota Semarang, Sabtu (7/5/2022).

Ketua DPC PDI-P Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, Ganjar memang tak diundang dalam acara tersebut. Halalbihalal ini hanya melibatkan kepala daerah dan struktur partai di tingkat kabupaten/kota di Jawa Tengah.

"Menurut informasi kan tidak diundang, kan sudah jelas kok bunyinya (dalam undangan), halalbihalal, Ketua Sekretaris DPC, Ketua DPRD dan Bupati Wali Kota, Wakil Bupati Wakil Wali Kota, Kota Kabupaten. Ya sudah memang tidak diundang," kata Rudy sebagaimana diberitakan Kompas.com, Jumat (13/5/2022).

Baca juga: Tak Diundang Halalbihalal PDI-P Jateng, Ganjar: Ngak Apa-apa...

Terkait banyaknya spekulasi yang beredar, Rudy membantah adanya kerenggangan di internal partainya. Menurut dia, ketidakhadiran Ganjar dalam acara tersebut bukan menjadi soal.

"Enggak-enggak, itu tidak ada kerenggangan dan sebagainya itu tidak," ujarnya.

Rudy sendiri juga mengaku tak hadir dalam acara tersebut karena sudah ada agenda lainnya.

Oleh karenanya, Rudy tak ingin absennya dalam acara halalbihalal ini dikaitkan dengan isu-isu lain.

"Saya mohon izin, bukan karena Pak Ganjar tidak hadir, namun karena memang izin tidak hadir," kata Rudy.

Ganjar sendiri telah angkat bicara terkait ini. Ketika acara halalbihalal berlangsung, dia mengaku tengah berada di Makassar, Sulawesi Selatan, untuk menghadiri acara resepsi pernikahan.

Berdasar informasi yang Ganjar dapat, acara halalbihalal tersebut juga membahas strategi pemenangan partai di kabupaten-kota di Jateng.

“Kemarin kan acaranya, kata teman-teman, banyak (membahas) strategi pemenangan dari kabupaten-kota,” katanya dikutip dari Kompas TV.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com