Ganjar Pranowo, "Anak Tiri" yang Lagi-lagi Tak Diundang di Acara Partainya Sendiri

Kompas.com - 14/05/2022, 15:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinamika internal PDI Perjuangan lagi-lagi menjadi sorotan. Ini setelah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak hadir dalam acara halalbihalal DPD PDI-P Jawa Tengah, Sabtu (7/5/2022).

Rupanya, Ganjar tak hadir bukan hanya karena dia tidak sedang berada di Jawa Tengah ketika acara berlangsung, tetapi juga karena tak diundang.

Oleh publik, dinamika ini lagi-lagi dinilai sebagai bentuk rivalitas internal PDI-P antara Ganjar dan Puan Maharani menuju Pemilihan Presiden 2024. Sebab, bukan hanya sekali ini Ganjar tak diikutsertakan dalam acara partai.

Kendati memiliki elektabilitas tinggi dan digadang-gadang menjadi calon presiden di 2024, Ganjar seolah menjadi anak tiri di partainya sendiri.

Tak diundang

Sedianya acara halalbihalal DPD PDI-P Jawa Tengah digelar di Panti Marhaen, Kota Semarang, Sabtu (7/5/2022).

Ketua DPC PDI-P Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, Ganjar memang tak diundang dalam acara tersebut. Halalbihalal ini hanya melibatkan kepala daerah dan struktur partai di tingkat kabupaten/kota di Jawa Tengah.

"Menurut informasi kan tidak diundang, kan sudah jelas kok bunyinya (dalam undangan), halalbihalal, Ketua Sekretaris DPC, Ketua DPRD dan Bupati Wali Kota, Wakil Bupati Wakil Wali Kota, Kota Kabupaten. Ya sudah memang tidak diundang," kata Rudy sebagaimana diberitakan Kompas.com, Jumat (13/5/2022).

Baca juga: Tak Diundang Halalbihalal PDI-P Jateng, Ganjar: Ngak Apa-apa...

Terkait banyaknya spekulasi yang beredar, Rudy membantah adanya kerenggangan di internal partainya. Menurut dia, ketidakhadiran Ganjar dalam acara tersebut bukan menjadi soal.

"Enggak-enggak, itu tidak ada kerenggangan dan sebagainya itu tidak," ujarnya.

Rudy sendiri juga mengaku tak hadir dalam acara tersebut karena sudah ada agenda lainnya.

Oleh karenanya, Rudy tak ingin absennya dalam acara halalbihalal ini dikaitkan dengan isu-isu lain.

"Saya mohon izin, bukan karena Pak Ganjar tidak hadir, namun karena memang izin tidak hadir," kata Rudy.

Ganjar sendiri telah angkat bicara terkait ini. Ketika acara halalbihalal berlangsung, dia mengaku tengah berada di Makassar, Sulawesi Selatan, untuk menghadiri acara resepsi pernikahan.

Berdasar informasi yang Ganjar dapat, acara halalbihalal tersebut juga membahas strategi pemenangan partai di kabupaten-kota di Jateng.

“Kemarin kan acaranya, kata teman-teman, banyak (membahas) strategi pemenangan dari kabupaten-kota,” katanya dikutip dari Kompas TV.

Tak hanya sekali

Tidak diundangnya Ganjar dalam acara internal PDI-P bukan sekali ini saja terjadi.

Pada Mei 2021 lalu, Ganjar tak diundang dalam sebuah acara rangkaian HUT PDI-P ke-48 yang digelar di Panti Marhaen Semarang.

Baca juga: Saat Ganjar Tak Diundang Halalbihalal DPD PDI-P Jateng, FX Rudy Tegaskan Tak Ada Kerenggangan

Padahal, acara digelar secara daring dan luring. Acara tersebut dihadiri oleh Puan Maharani selaku Ketua DPP PDI-P.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.