Kompas.com - 31/03/2022, 07:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan selama bulan Ramadhan.

Hal tersebut perlu dilakukan agar terhindar dari penularan Covid-19.

Buka puasa bersama dilarang ngobrol

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan soal buka puasa bersama atau bukber selama bulan Ramadhan yang dianjurkan tidak berbicara satu sama lain.

Itu dimaksudkan ketika sedang membuka masker untuk makan. 

Menurut Wiku, saat makan sebaiknya tidak berbicara agar tidak menimbulkan droplet yang menjadi penyebab penularan virus.

"Saat menyantap makanan tentunya tidak berbicara untuk menghindari adanya droplet," kata Wiku saat dihubungi Kompas.com, Rabu (30/3/2022).

Baca juga: Penjelasan Satgas Covid-19 soal Warga Boleh Bukber, tapi Tak Boleh Ngobrol

Wiku mengatakan, usai menyantap makanan dan kembali menggunakan masker, tentu warga diperbolehkan berbicara satu sama lain guna menjalin silaturahim selama bulan Ramadhan.

"Setelah makan selesai bisa melanjutkan silaturahmi berbicara dengan menggunakan masker dalam jarak yang cukup terjaga," ujarnya.

Ngabuburit dan Sahur on the road

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.