Kompas.com - 18/03/2022, 19:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil sero survei yang dilakukan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI) bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjukkan, 91,3 persen penduduk di Jawa-Bali sudah memiliki antibodi terhadap Covid-19.

Ahli epidemiologi UI, Iwan Ariawan mengatakan, angka tersebut lebih tinggi dibandingkan persentase antibodi yang dimiliki penduduk di luar Jawa-Bali yaitu 84,1 persen.

"Meskipun di luar Jawa-Bali lebih sedikit proporsi penduduk yang memiliki antibodi terhadap Covid-19 tapi bedanya tidak terlalu jauh dengan di luar Jawa-Bali dan sudah tinggi," kata Iwan dalam konferensi pers secara virtual terkait "Hasil Serologi Survey Nasional", Jumat (18/3/2022).

Baca juga: Hasil Sero Survei: 74 Persen Penduduk Indonesia Sudah Terinfeksi Covid-19

Iwan juga mengatakan, hasil sero survei juga menunjukkan, 73,2 persen penduduk di Jawa-Bali sudah memiliki antibodi terhadap Covid-19 meski belum divaksinasi.

Sementara itu, 74,1 persen penduduk di daerah lain sudah memiliki antibodi terhadap Covid-19 meski belum divaksinasi.

"Artinya penyebaran Covid-19 sudah merata tidak hanya di Jawa-Bali," ujarnya.

Survei itu dilakukan dengan melibatkan sampel di 100 kabupaten/kota. Kemenkes dan FKM UI mengambil 20 orang sampel utama dan 60 serta sampel cadangan di setiap desa/kelurahan.

Metode sero survei menggunakan tes darah guna memeriksa antibodi tubuh terhadap virus. Cara ini dinilai efektif untuk mengukur paparan suatu populasi terhadap patogen virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.