Kompas.com - 18/03/2022, 17:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil sero survei yang dilakukan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI) bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjukkan, 74 persen penduduk Indonesia pernah terinfeksi Covid-19.

Ahli epidemiologi, Pandu Riono mengatakan, dari hasil sero survei sebanyak 73,9 persen responden sudah memiliki antibodi Covid-19, meski belum divaksinasi dan belum pernah didiagnosis positif Covid-19.

"Ternyata 74 persen sudah mempunyai imunitas, artinya hampir 74 persen penduduk kita pernah terinfeksi. Jadi memang pandemi ini cukup dahsyat," kata Pandu dalam konferensi pers secara virtual terkait "Hasil Serologi Survey Nasional", Jumat (18/3/2022).

Baca juga: Hasil Sero Survei: 86,6 Persen Penduduk RI Sudah Miliki Antibodi Covid-19

Metode sero survei menggunakan tes darah guna memeriksa antibodi tubuh terhadap virus. Cara ini dinilai efektif untuk mengukur paparan suatu populasi terhadap patogen virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19.

Pandu mengatakan, data dari survei tersebut tidak menunjukkan bahwa testing Covid-19 di Indonesia rendah.

Namun, sebagian besar masyarakat yang terpapar Covid-19 memiliki gejala ringan dan tanpa gejala, bahkan tidak menyadari dirinya sedang terpapar Covid-19 sehingga mereka yang terpapar Covid-19 tidak tercatat di dalam sistem Kemenkes.

"Jadi bukan soal testing yang kurang banyak, tapi karakteristik gejala ini tidak diperiksa atau di-testing," ujarnya.

Selain itu, Pandu mengatakan, hasil survei juga menunjukkan 86,6 persen penduduk Indonesia sudah memiliki antibodi terhadap Covid-19. Tingkat antibodi Covid-19 paling tinggi pada mereka yang sudah divaksinasi dosis kedua.

Survei itu dilakukan dengan melibatkan sampel di 100 kabupaten/kota. Kemenkes dan FKM UI mengambil 20 orang sampel utama dan 60 serta sampel cadangan di setiap desa/kelurahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.