Kompas.com - 18/03/2022, 18:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengusaha Rudy Salim ikut diperiksa dalam kasus penipuan investasi trading bodong via aplikasi Binomo dengan tersangka Indra Kenz. Pemilik Prestige Motocars itu diperiksa karena Indra Kenz pernah membeli mobil Tesla dari showroomnya.

Dengan kesuksesan di berbagai lini industri, banyak yang menyebut Rudy Salim sebagai "crazy rich". Namun ia enggan mendapat julukan tersebut.

"Wah saya bukan crazy rich," kata Rudy Salim saat ditemui di kawasan Pluit, Jakarta Utara, seperti dilansir dari pemberitaan Kompas.com, Jumat (11/3/2022).

Rudy Salim mengaku belum pantas disebut sebagai "crazy rich". Ia justru khawatir dengan sematan julukan itu.

"Kebanyakan yang Crazy Rich itu ujung-ujungnya malah kayak enggak beres ya," ujar tuturnya.

Baca juga: Rudy Salim Diperiksa 6 Jam, Dapat 19 Pertanyaan soal Jual Beli Mobil dengan Indra Kenz

Lantas, seperti apa sosok Rudy Salim?

Mengutip pemberitaan Kompas.com, Jumat (18/3/2022), Rudy Salim menjalani passion-nya sebagai pengusaha sejak usia 19 tahun.

Saat itu, Rudy menjalani bisnis dunia game online dan microfinance.

Untuk modal usahanya, suami dari Tiffany Kosasih ini menjual mobil Mercedes yang merupakan pemberian orangtuanya.

Kesuksesan tak langsung diraih oleh Rudy. Modal bisnisnya sempat habis. Tak menyerah, ia memutar otaknya agar keinginannya menjadi seorang pengusaha tetap bisa ia dapatkan.

Dengan jerih payah, Rudy Salim akhirnya berhasil menjadi seorang pengusaha sukses setelah merintis bisnisnya dari nol.

Baca juga: Menyesal Tak Lanjutkan Kuliah, Rudy Salim: Jangan Salah Persepsi Dropout Itu kayak Bill Gates

Sempat akan jadi dokter

Sebelum sukses menjadi seorang pengusaha, Rudy Salim awalnya sempat menjalani pendidikan dokter.

Ini lantaran Rudy Salim datang dari keluarga yang berprofesi dokter. Hal tersebut terungkap dalam perbincangannya dengan komika Dodit Mulyanto yang diunggah di kanal YouTube milik Dodit.

Karena keluarganya turun temurun berprofesi sebagai dokter, termasuk tiga saudaranya, Rudy Salim diminta orangtuanya untuk mengikuti jejak yang sama.

Rudy awalnya mengikuti keinginan orangtuanya dan menempuh pendidikan kedokteran. Karena tak tertarik, kuliah Rudy pun tak berjalan mulus.

Pemilik showroom mobil mewah itu bahkan harus dua kali mengganti perguruan tinggi, namun berakhir drop out lantaran nilainya hancur.

Rudy Salim sempat diusir dari rumah dan tak diperbolehkan kembali sampai menjadi sukses. Ia pun membuktikannya dengan keberhasilannya saat ini.

Bahkan kesuksesan bapak dua anak ini di usia muda membuatnya banyak eksis di dunia hiburan Tanah Air.

Rudy Salim diketahui banyak bersosialisasi dengan artis-artis papan atas. Bahkan ia kerap muncul dalam kanal YouTube milik para artis, salah satunya adalah Rans Entertainment yang merupakan milik pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Akuisisi klub sepak bola bersama Raffi Ahmad

Bersama Raffi Ahmad, Rudy Salim sempat membuat gempar publik karena mengakuisisi klub sepak bola Cilegon United FC yang saat ini bernama RANS Cilegon FC.

Raffi Ahmad dan Rudy Salim bertindak sebagai Chairman di klub sepak bola itu.

Baca juga: Total Investasi Raffi Ahmad-Rudy di Cilegon FC Capai Rp 300 Miliar

RANS Entertainment dan Prestige Motorcars bekerja sama menciptakan arena olahraga berstandar internasional dengan lapangan bersertifikat FIFA yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk 2.

Tak hanya sepak bola, arena dengan luar 2,7 hektar tersebut rencananya akan menjadi pusat pelatihan berbagai olahraga seperti lapangan futsal, arena skateboard, lapangan bulu tangkis, tenis, basket, panjat dinding, hingga arena esport.

Meski tak mengungkap berapa nilai akuisisi klub, namun Rudi Salim mengatakan biaya pembangunan klub mencapai lebih dari Rp 300 miliar.

Pembangunan yang dimaksud sudah termasuk insfrastruktur penunjang seperti lapangan sepak bola di 10 kota dan satu akademi sepak bola.

"Di atas Rp 300 miliar nilai investasi total," kata Rudy Salim dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (1/4/2021), seperti dikutip dari Antara News.

"Bukan nilai akuisisi klub, tetapi untuk infrastruktur penunjang, pembelian tanah, pembangunan gedung, dan sebagainya," tambahnya.

Baca juga: Negoisasi Alot, Rizky Billar Lepas Sejumlah Saham Leslar Entertainment ke Rudy Salim

Beli saham Leslar Entertainment

Tak cuma bisnis otomotif dan klub sepak bola, Rudy Salim juga melebarkan sayap ke industri hiburan.

Pemilik kanal YouTube Prestige Production tersebut baru-baru ini kembali menghebohkan jagad hiburan Tanah Air karena membeli saham Leslar Entertainment milik pasangan artis Rizky Billar dan Lesli Kejora.

Penandatanganan kontrak akuisisi dilakukan di showroom Prestige milik Rudy Salim, kawasan Pluit, Jakarta Utara pada Jumat (11/3/2022).

Rudy Salim menanamkan investasi di Leslar Entertainment termasuk di kanal YouTube dan beberapa produk lain dari Leslar Entertainment.

Ia beralasan hanya ingin berinvestasi di industri hiburan dengan mengakusisi beberapa persen saham Leslar Entertainment.

Sense Rudy Salim sebagai seorang pebisnis melihat Leslar Entertaiment memiliki potensi besar sehingga memutuskan untuk berkolaborasi dengan menanamkan sahamnya.

Rudy tertarik membeli saham Leslar Entertainment karena perkembangannya Leslar Entertainment sangat pesat.

Sebab belum satu tahun dibangun sejak Juni tahun lalu, Leslar Entertainment sudah memiliki memiliki valuasi aset mencapai ratusan miliar.

"Valuasinya sudah ratusan miliar rupiah, padahal baru dibentuk. Saya juga memantau, dan memang kemajuannya sangat pesat," ucap Rudy Salim.

Sebelum bekerja sama dengan Leslar Entertainment, Rudy Salim juga mengakusisi Sule Channel milik komedian Sule. Ia pun berinvestasi di akun YouTube Deddy Corbuzier yang sukses dengan acara podcast-nya.

Baca juga: Pentingnya Pengungkapan Dalang Kasus Binary Option agar Tak Lagi Ada Indra Kenz dan Doni Salmanan Lain

Mengaku tak tahu Indra Kenz mitra Binomo

Rudy Salim memenuhi undangan Bareskrim Polri untuk diperiksa dalam kasus Indra Kenz. Ia dimintai keterangan karena Indra Kenz pernah membeli mobil mewah dari showroom miliknya.

Indra Kenz membeli mobil Tesla dari Showroom Prestige Motorcars. Rudy Salim menyatakan transaksi jual beli itu tidak dilakukannya langsung.

Menurut Rudy, komunikasi jual beli mobil dengan Indra dilakukan lewat tim marketingnya alias sales. Ia juga menyatakan tak begitu dekat dengan Indra Kenz.

"Kenalannya pas bikin konten aja," terang Rudy Salim usai menjalani pemeriksaan di gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (18/3/2022).

Rudy Salim juga mengaku tidak tahu Indra Kenz merupakan afiliator Binomo, yang merupakan aplikasi ilegal trading berkedok binary option.

Baca juga: Menilik Fenomena Influencer dan Artis yang Jadi Afiliator Trading Seperti Indra Kenz

"Enggak tahu. Saya kira itu youtuber keren gitu kan, influencer keren, 'murah banget', gitu. Enggak tahunya gitu," ungkap dia.

Kuasa hukum Rudy Salim, Frank Hutapea mengatakan, selama pemeriksaan di Bareskrim tak ada pembahasan soal pengembalian yang hasil penjualan mobil Tesla Indra Kenz.

Frank juga menekankan, transaksi penjualan mobil ke Indra Kenz dilakukan sesuai harga pasar.

"Uang nggak diminta dikembalikan. Karena memang itu transasksi normal jual beli sudah selesai sesuai harga pasar," sebut Frank.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Kombes Chandra Sukma Kumara.

Ia mengatakan uang hasil penjualan mobil dari Rudy dan Indra Kenz tidak akan diminta untuk diserahkan ke penyidik. Sebab mobil listrik tersebut sudah disita penyidik.

"Mobilnya kan sudah disita," kata Chandra saat dikonfirmasi, Jumat (18/3/2022).

Baca juga: Terancam Dimiskinkan, Indra Kenz Riwayatnya Kini...

Indra Kenz membeli mobil Tesla Model 3 Standard Range Plus yang dijual oleh Prestige Motorcar melalui platform e-commerce Tokopedia pada awal Januari 2021.

Transaksi pembelian itu sempat dipamerkan Indra Kenz di media sosial dan menjadi viral. Saat itu, pemilik nama asli Indra Kesuma tersebut mengaku membeli Tesla pukul 03.00 WIB karena iseng lantaran tidak bisa tidur.

Dalam pengakuannya, mobil listrik berwarna biru tersebut dibeli Indra Kenz seharga Rp 1,5 miliar. Namun polisi menyatakan mobil Tesla yang disita dari Indra Kenz bernilai Rp 1,3 miliar.

"Kemarin waktu gue nggak bisa tidur, gue iseng cek di Tokopedia dan ternyata kita bisa beli Tesla lewat Tokopedia. Langsung jam 3 pagi gue beli Tesla," ucap Indra Kenz pada video yang ia unggah 10 Januari 2021.

Kini mobil Tesla itu menjadi salah satu aset Indra Kenz yang disita polisi. Selain Tesla, mobil mewah Indra lainnya yang disita polisi adalah Ferrari, Lamborghini, dan Rolls-Royce.

Polisi juga menyita setidaknya 4 rumah mewah dan 1 apartemen milik sang influencer. Polisi saat ini masih menelusuri aset-aset Indra Kenz.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Polri Temukan Jenazah Briptu M Lasminto, Kopilot Helikopter yang Jatuh di Perairan Bangka Belitung

Polri Temukan Jenazah Briptu M Lasminto, Kopilot Helikopter yang Jatuh di Perairan Bangka Belitung

Nasional
Cerita Arif Rachman Dimarahi Ferdy Sambo sampai Disebut Apatis, Bermula dari Lihat-lihat CCTV

Cerita Arif Rachman Dimarahi Ferdy Sambo sampai Disebut Apatis, Bermula dari Lihat-lihat CCTV

Nasional
Jokowi Sebut Pembangunan Istana Presiden di IKN Dimulai Desember

Jokowi Sebut Pembangunan Istana Presiden di IKN Dimulai Desember

Nasional
Larangan Menghina Pemerintah dan Lembaga Negara di RKUHP Hanya Mencakup 6 Institusi

Larangan Menghina Pemerintah dan Lembaga Negara di RKUHP Hanya Mencakup 6 Institusi

Nasional
Pemerintah Bedakan Kritik dan Menghina Presiden di RKUHP, Jamin Tak Ada Salah Paham

Pemerintah Bedakan Kritik dan Menghina Presiden di RKUHP, Jamin Tak Ada Salah Paham

Nasional
Jaksa Agung Wanti-wanti Jajaran yang Bermain dengan Perkara Akan Diproses Hukum

Jaksa Agung Wanti-wanti Jajaran yang Bermain dengan Perkara Akan Diproses Hukum

Nasional
Jokowi Sebut Menteri Basuki, Ganjar hingga Prabowo Saat Ditanya soal Pemimpin Rambut Putih

Jokowi Sebut Menteri Basuki, Ganjar hingga Prabowo Saat Ditanya soal Pemimpin Rambut Putih

Nasional
Pemerintah Hapus Pasal Penghinaan Kekuasaan Umum di RKUHP

Pemerintah Hapus Pasal Penghinaan Kekuasaan Umum di RKUHP

Nasional
Survei Indopol: Rapor Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Trennya Negatif di Akhir Tahun

Survei Indopol: Rapor Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Trennya Negatif di Akhir Tahun

Nasional
Hari Pertama di Papua, Wapres Ma'ruf Amin Mampir ke Kedai Kopi

Hari Pertama di Papua, Wapres Ma'ruf Amin Mampir ke Kedai Kopi

Nasional
Soal Tambang Ilegal, Sambo: Itu Melibatkan Perwira Tinggi, Sudah Dilaporkan ke Pimpinan Polri

Soal Tambang Ilegal, Sambo: Itu Melibatkan Perwira Tinggi, Sudah Dilaporkan ke Pimpinan Polri

Nasional
Pecat Terduga Pemerkosa Pegawai, Teten Tegaskan Tak Tolerir Kekerasan Seksual

Pecat Terduga Pemerkosa Pegawai, Teten Tegaskan Tak Tolerir Kekerasan Seksual

Nasional
Eks KSAU Agus Supriatna Nilai Pemanggilannya sebagai Saksi Kasus AW-101 Tidak Benar, Singgung UU Peradilan Militer

Eks KSAU Agus Supriatna Nilai Pemanggilannya sebagai Saksi Kasus AW-101 Tidak Benar, Singgung UU Peradilan Militer

Nasional
Manfaatkan Momentum G20, Demer Minta UMKM Bali Bisa Naik Kelas

Manfaatkan Momentum G20, Demer Minta UMKM Bali Bisa Naik Kelas

Nasional
Survei Indopol: Kepercayaan Publik ke Polri Naik Jadi 60,98 Persen, 3 Bulan Lalu di Bawah 60 Persen

Survei Indopol: Kepercayaan Publik ke Polri Naik Jadi 60,98 Persen, 3 Bulan Lalu di Bawah 60 Persen

Nasional
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.