Satgas Sebut Angka Kematian Covid-19 Selama PPKM Turun: Yogyakarta 0,06 Persen, Jakarta 0,16

Kompas.com - 27/01/2021, 14:56 WIB
Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah Dok. BNPBTim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pakar Gugus Tugas Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan, selama penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat ( PPKM) di beberapa daerah, tren angka kematian Covid-19 secara umum menurun.

Penurunan itu terjadi secara umum di kabupaten/kota baik yang melaksanakan PPKM maupun yang tidak.

Ia mencontohkan, Yogyakarta yang angka kematiannya turun 0,06 persen dan DKI Jakarta turun 0,16 persen.

"Secara progres dalam 2 minggu pelaksanaan PPKM ada perkembangan angka kematian lebih baik," kata Dewi dalam konferensi pers di BNPB, Rabu (27/1/2021).

Baca juga: Evaluasi 2 Pekan Penerapan PPKM, Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 Menurun

Dewi juga menyebut wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur yang tren angka kematiannya menurun.

Namun, kata dia, penurunan angka kematian di wilayah yang tidak melaksanakan PPKM lebih baik daripada yang melaksanakan PPKM.

"Dengan asumsi beban masalah, fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan, karena rumah sakit rujukan dipusatkan di wilayah perkotaan (yang menerapkan PPKM)," kata dia.

Tahap pertama PPKM yang dimulai pada 11-25 Januari, kata dia, ada 77 kabupaten/kota di 7 provinsi yang melaksanakannya dan difokuskan di Jawa serta Bali.

Baca juga: Beda PPKM di Jakarta Tahap I dan II yang Perlu Diketahui

Dari data-data yang dikumpulkan selama PPKM, disimpulkan bahwa dari 77 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM, 54 di antaranya angka kematiannya sudah menurun.

"Ini hal yang baik, 54 kabupaten/kota sudah turun angka kematiannya. Trennya sama, baik yang PPKM maupun non PPKM. Kalau PPKM 54/77, non PPKM 36/50 ini sudah alami penurunan," tutur Dewi.

Meskipun masih ada beberapa daerah yang angka kematian Covid-19 meningkat, kata dia, tetapi tren secara keseluruhan angkanya menurun selama penerapan PPKM.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X