Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Covid-19, Pemerintah Fokus Lindungi Tiga Kelompok Ini

Kompas.com - 16/07/2020, 11:01 WIB
Deti Mega Purnamasari,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, selama pandemi Covid-19, pemerintah fokus melindungi tiga kelompok.

Ketiga kelompok itu adalah tenaga kesehatan, kalangan yang memiliki penyakit penyerta (komorbid), serta kaum lanjut usia (lansia) yang memiliki penyakit bawaan.

"Pemerintah berfokus melindungi tiga kelompok masyarakat dari Covid-19, yaitu tenaga kesehatan, komorbid, dan kaum lansia yang memiliki penyakit bawaan," ujar Muhadjir dikutip dari siaran pers, Kamis (16/7/2020).

Baca juga: 9 Tips bagi Masyarakat Kelompok Rentan agar Tak Mudah Terjangkit Covid-19...

Muhadjir mengatakan, ketiga kelompok tersebut paling rentan terkena penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV2 itu.

Tenaga kesehatan merupakan garda terdepan yang menangani pasien-pasien Covid-19 serta kalangan komorbid dan lansia yang mudah terkena virus tersebut karena imunitasnya tak sekuat yang sehat.

Oleh karena itu, pemerintah akan memperkuat aturan penerapan protokol kesehatan agar pasien Covid-19 tak bertambah banyak.

Baca juga: Ketua Gugus Tugas: Covid-19 seperti Malaikat Pencabut Nyawa bagi Kelompok Rentan

Penguatan tersebut dilakukan dengan menerapkan sanksi tegas kepada siapapun pelanggar protokol kesehatan tersebut.

Adapun protokol kesehatan yang dimaksud adalah menggunakan masker, menjaga jarak satu sama lain, tidak berkerumun, serta mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin.

"Pemerintah memberikan perhatian sangat serius untuk melindungi tenaga kesehatan dan meminta seluruh tenaga kesehatan mulai dari dokter, perawat, pembantu medis, maupun laboran terus mengutamakan keamanan dan keselamatan dengan mematuhi protokol kesehatan, termasuk penggunaan alat pelindung diri," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com