Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Luhut, Pimpinan KPK Bahas Pencegahan Korupsi dan Investasi

Kompas.com - 15/01/2020, 15:58 WIB
Ardito Ramadhan,
Kristian Erdianto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bertemu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Rabu (15/1/2020) pagi.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, pertemuan itu membahas kerja sama antara KPK dan Kemenko Maritim khususnya mengenai program pencegahan korupsi untuk mendukung tumbuhnya investasi.

"Sebagai lembaga penegak hukum KPK akan fokus mewujudkan kepastian hukum dan pada saat yang sama akan mendukung penciptaan iklim investasi yang akan membuka lapangan pekerjaan dan muaranya pada peningkatan pertumbuhan ekonomi," kata Firli melalui siaran persnya, Rabu.

Baca juga: Kata Luhut, Miliaran Dollar AS Investasi UEA Juga untuk Ibu Kota Baru

Selain itu, pertemuan antara KPK dan Kemenko Maritim dan Investasi itu juga membahas beberapa hal lain agar pendampingan program pencegahan korupsi dapat dilakukan bersama kedua lembaga tersebut.

Sementara itu, Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan mengharapkan KPK terlibat dalam melakukan pencegahan di area-area yang dinilai rawan korupsi.

"Kami sampaikan bahwa setiap investasi akan melibatkan KPK sebagai upaya pencegahan. Tapi, kami juga berpesan pencegahan korupsi perlu didorong tanpa meninggalkan penindakan," kata Luhut.

Baca juga: Hadiri Konvensi Antikorupsi PBB, Menkumham Sebut Revisi UU KPK sebagai Penguatan Pencegahan Korupsi

Adapun pertemuan antara pimpinan KPK dan jajaran Kemenko Maritim dan Investasi hari ini merupakan kelanjutan dari kunjungan pimpinan KPK ke sejumlah lembaga.

Sebelumnya, pimpinan KPK telah menyambangi beberapa lembaga antara lain Mabes Polri, Kejaksaan Agung, dan Badan Pemeriksa Keuangan.

Baca juga: BPK-KPK Perkuat Kerja Sama, Termasuk Soal Pencegahan Korupsi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com