Gerindra Sebut Tak Ada Penambahan Anggaran Jika MPR Jadi 10 Orang

Kompas.com - 05/09/2019, 15:40 WIB
Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria saat menjadi pembicara pada diskusi publik KNPI, Jakarta Pusat, Kamis (25/7/2019). KOMPAS.com/CHRISTOFORUS RISTIANTOKetua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria saat menjadi pembicara pada diskusi publik KNPI, Jakarta Pusat, Kamis (25/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa penambahan kursi pimpinan MPR tidak akan berdampak pada penambahan anggaran. Hanya akan dilakukan pergeseran alokasi anggaran.

"Adanya penambahan pimpinan tidak menambah anggaran yang ada. Hanya pemindahan penggeseran sedikit saja alokasinya," kata Riza di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Baca juga: Revisi UU MD3, Alat Pemuas Syahwat Parpol

Partai Gerindra sendiri tidak keberatan dengan usulan penambahan jumlah kursi MPR menjadi sepuluh orang.

"Kalau ada usulan dari banyak partai bahwa MPR perlu ada penambahan pimpinan MPR kami dari partai, Gerindra tidak keberatan," kata Riza.

Sebab, Riza mengakui, MPR memiliki tugas cukup berat sebagai lembaga yang merepresentasikan rakyat Indonesia. Salah satunya adalah membangun persatuan dan kesatuan bangsa.

"MPR sejauh ini mengajak seluruh komunitas lain. Katakanlah akademisi perguruan tinggi, para pakar, para ahli, masyarakat civil society, LSM," ujar Riza.

"Selalu diajak berembug oleh MPR memikirkan membahas dan mencari solusi terkait masalah kebangsaan," lanjut dia.

Baca juga: Bamsoet: Saya Tak Mau Lagi Terlibat Revisi UU MD3

Diberitakan, semua fraksi di DPR setuju merevisi UU MD3. Persetujuan semua fraksi disampaikan dalam rapat paripurna DPR yang digelar pada Kamis (5/9/2019) siang.

"Apakah RUU tentang Perubahan atas UU Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, dan DPD dapat disetujui menjadi usul DPR?" tanya Wakil Ketua DPR Utut Adianto selaku pimpinan rapat.

Seluruh wakil rakyat yang hadir kompak menyatakan setuju. Tak ada fraksi yang mengajukan keberatan atau interupsi.

Baca juga: Semua Fraksi Setuju Revisi UU MD3, Pimpinan MPR Jadi 10 Orang

Tanggapan setiap fraksi atas usul RUU ini lalu langsung diserahkan secara tertulis kepada pimpinan atau tidak dibacakan di dalam rapat paripurna.

Berdasarkan draf dari Baleg, pada intinya revisi ini hanya mengubah jumlah pimpinan MPR menjadi 10 orang yang terdiri dari satu ketua dan sembilan wakil ketua.

Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi agar setiap fraksi di DPR mendapat jatah pimpinan.

Kompas TV Indonesia resmi maju dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 ada 10 stadion yang ditawarkan PSSI dalam proses bidding. Resmi maju sebagai calon tuan rumah Piala Dunia U20, PSSI pun merilis sebuah video yang diunggah ke kanal <em>youtube</em> video berdurasi 5.30 menit ini PSSI menawarkan 10 stadion yang terseber di 10 kota di Indonesia 10 stadion tersebut adalah Stadion Gelora Bung Karno, Pakansari, Bogor, Manahan Solo lalu Stadion I Wayan Dipta Bali, Gelora Bung Tomo hingga Stadion Sijalak Harupat Kabupaten Bandung. #TimnasIndonesia #Indonesia #PialaDuniaU20

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X