Calon Panelis Debat Kedua Berasal dari Kalangan Akademisi dan Aktivis

Kompas.com - 25/01/2019, 20:17 WIB
Rapat persiapan debat kedua pilpres di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.Kompas.com/Fitria Chusna Farisa Rapat persiapan debat kedua pilpres di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mengantongi delapan nama calon panelis debat kedua Pilpres 2019. Para calon penelis itu berasal dari kalangan akademisi dan aktivis.

Panelis debat yang ditunjuk KPU punya latar belakang profesi yang berkaitan dengan tema debat kedua.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, pihaknya saat ini tengah mengonfirmasi kesediaan mereka yang ditunjuk untuk menjadi panelis. KPU baru akan mengumumkan nama-nama tersebut ke publik setelah para calon itu menyatakan bersedia.

"Namanya akan kami sebutkan setelah yang bersangkutan bersedia, akademisi UI, ITB, IPB, Undip, Walhi, UGM, Universitas Airlangga," kata Arief dalam rapat persiapan debat pertama pilpres di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/1/2019).


Baca juga: Tim Kampanye Minta KPU dan Panelis Disumpah Tak Bocorkan Soal Debat

Menegaskan pernyataan Arief, Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Priyo Budi Santoso mengatakan, KPU memberikan kesempatan ke kedua tim kampanye untuk ikut menelusuri calon panelis debat.

Hal itu untuk menjamin independensi panelis.

"Rata-rata mereka punya kompetensi dan selama ini kita harus trace mereka tidak berafiliasi atau diindikasikan, termasuk publik silahkan saja ditrace, ditelusuri," ujar Priyo.

Rencananya, nama panelis diumumkan pada rapat persiapan debat selanjutnya yang akan digelar Rabu (30/1/2019).

Tak seperti debat pertama yang melibatkan tim kampanye dalam perumusan nama panelis, KPU memutuskan untuk tidak lagi melibatkan kedua tim kampanye dalam menentukan panelis debat pilpres. Nama-nama panelis seluruhnya diputuskan oleh KPU.

Menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, KPU diberi kewenangan penuh dalam menentukan panelis debat.

Baca juga: KPU Ajak Tim Kampanye Telusuri Rekam Jejak Calon Panelis Debat

KPU berkomitmen untuk memilih nama panelis yang memenuhi syarat yang mereka tentukan, seperti panelis harus pakar di bidangnya, memiliki integritas, dan wajib untuk netral.

Jika ada satu dari tiga syarat tidak terpenuhi, maka gugur kemungkinan orang tersebut menjadi panelis.

Debat kedua pilpres akan digelar Minggu (17/2/2019). Peserta debat adalah calon presiden. Tema yang diangkat energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Empat stasiun televisi akan menyiarkan debat, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X