Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satkar Ulama Dukung Airlangga Jadi Ketum Golkar Lagi, Doakan Menang Aklamasi

Kompas.com - 23/04/2024, 21:28 WIB
Ardito Ramadhan,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Karya (Satkar) Ulama, salah satu organisasi sayap Partai Golkar, mendeklarasikan dukungan kepada Airlangga Hartarto untuk kembali menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar periode 2024-2029.

Ketua Umum Satuan Karya Ulama Idris Laena berharap, Airlangga dapat menang secara aklamasi.

Sebab, menurut dia, banyak kader Golkar yang ingin Airlangga kembali memimpin partai berlambang pohon beringin itu.

"Tentu kita berharap, Insya Allah terpilih secara aklamasi. Kami telah melakukan komunikasi dengan seluruh teman-teman secara keseluruhan menyuarakan mendukung Pak Ketum," kata Idris dalam acara deklarasi, Selasa (23/4/2024).

Baca juga: Usai Putusan MK, Airlangga Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran

Idris lantas mengatakan, anggota Satuan Karya Ulama wajib untuk mendukung dan memperjuangkan Airlangga agar kembali terpilih sebagai ketua umum Partai Golkar.

Sebab, Airlangga dinilai telah berhasil mendongkrak suara Partai Golkar pada pemilihan umum (Pemilu) 2024, sehingga menambah jumlah kursi di parlemen.

Selain itu, calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang diusung Golkar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, juga memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Keberhasilan Partai Golkar ini tidak lepas dari strategi jenius dan tangan emas Bapak Airlangga Hartarto sebagai ketua umum DPP Partai Golkar," kata Idris.

Baca juga: Ormas Kosgoro 1957 Resmi Dukung Airlangga Hartarto Jadi Ketum Golkar Lagi

Mendapatkan dukungan, Airlangga mengucap terima kasih. Dia pun berharap dapat terpilih secara aklamasi pada musyawarah nasional (munas) Partai Golkar yang akan digelar pada Desember 2024.

"Saya menerima amanah dan mandat yang diberikan oleh Satkar Ulama. Terima kasih dan insya allah amanah ini akan dijaga sanpai ke munas nanti," ujar Airlangga.

Sejauh ini, Airlangga sudah menerima dukungan dari sejumlah organisasi di Partai Golkar. Di antaranya, Musyawarah Keluarga Gotong Royong (MKGR), Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), dan Majelis Dakwah Islamiyah (MDI).

Selain Airlangga, ada tiga kader lain yang disebut-sebut bakal memperebutkan kursi ketua umum Partai Golkar, yakni Agus Gumiwang Kartasasmita, Bahlil Lahadalia, dan Bambang Soesatyo.

Baca juga: Airlangga Dapat Satu Lagi Dukungan untuk Jadi Ketum Golkar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com