Jabat Tangan Jokowi yang Jadi Penyemangat Hidup Sutopo...

Kompas.com - 05/10/2018, 17:26 WIB
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jumat (5/9/2018) siang.KOMPAS.com/Ihsanuddin Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jumat (5/9/2018) siang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mimpi Sutopo Purwo Nugroho untuk bersalaman dengan Presiden Joko Widodo akhirnya terwujud.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) itu secara khusus diundang Jokowi ke Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (5/10/2018).

Sutopo diterima Jokowi di ruang kerja Presiden pukul 13.45 WIB. Begitu masuk ke ruangan, Sutopo yang mengenakan batik lengan panjang langsung menyalami Jokowi.

"Apa kabar Pak Sutopo?" sapa Jokowi.

"Alhamdulilah sehat, Pak. Terima kasih sekali bisa bertemu Presiden. Sudah lama sekali saya ingin bertemu," kata Sutopo.

Baca juga: Sutopo: Terima Kasih Pak Jokowi, Sudah Lama Sekali Saya Ingin Bertemu

Beberapa kali gagal

Sebelum bertemu Jokowi, Sutopo yang datang 30 menit lebih cepat dari jadwal sempat mampir ke ruangan wartawan. Kepada wartawan, Sutopo menceritakan bagaimana ia kerap kali ingin bersalaman dengan Jokowi saat peninjauan lokasi bencana, namun selalu gagal.

Misalnya, saat Jokowi meninjau lokasi longsor Banjarnegara, Sutopo sudah bersiap-siap menunggu Jokowi dan rombongan yang akan lewat. Namun, rupanya Sutopo salah posisi.

"Saya sudah nyegat disitu, lewatnya sana, jauh sekali. Sudah kita kejar, sudah masuk mobil. Saya mau ikut masyarakat berebut salaman juga sungkan kan," kata Sutopo.

Baca juga: Bertemu Jokowi, Kado Terindah Sutopo Jelang Ulang Tahun Ke-49

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jumat (5/9/2018) siang.KOMPAS.com/IHSANUDDIN Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jumat (5/9/2018) siang.

Lalu saat Gempa di Pidie Jaya, Sutopo nyaris bersalaman dengan Jokowi. Ia sudah berdiri dalam jarak yang cukup dekat dengan Kepala Negara.

"Saya sudah jarak segini, tangan saya udah begini (menjulurkan tangan), ditutup sama Paspampres," kata dia.

"Padahal saya itu kan dosen sesko TNI, mengajar yang mau naik bintang satu, tapi kalah sama prajurit. Enggak ada yang kenal saya," tambah Sutopo seraya tertawa.

Baca juga: Jokowi: Dedikasi Sutopo Inspirasi untuk Kita Semua

Kegagalan bersalaman dengan Jokowi juga dialami Sutopo dalam beberapa kesempatan lainnya, seperti saat erupsi Gunung Sinabung dan kebakaran hutan.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X