Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahnil Gabung Prabowo, Tim Jokowi Yakin PP Muhamadiyah Tetap Netral

Kompas.com - 20/09/2018, 14:07 WIB
Yoga Sukmana,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni menyakini, Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah tetap netral pada Pilpres 2019 meskipun Ketua PP Pemuda Muhamadiyah Dahnil Anzar memutuskan untuk menjadi koordinator juru bicara tim Prabowo-Sandiaga Uno.

"Muhammadiyah secara kelembagaan selalu ditekankan Haedar Nashir Ketum PP Muhammadiyah netral ya," ujarnya di Posko Cemara, Jakarta, Kamis (20/9/2018).

"Soal itu diatur dalam khitah Muhammadiyah yang sudah diuji tahun ke tahun ya. Ada political disengangement menjaga jarak antara kekuatan politik," sambung Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf itu.

Baca juga: Dahnil Anzar Ditunjuk Jadi Koordinator Jubir Prabowo-Sandiaga

Ia menilai keputusan Dahnil merapat ke Prabowo-Sandiaga Uno merupakan keputusan pribadi. Namun, ia tak tahu persis apakah ada ketentuan harus mundur atau tidak dari PP Pemuda Muhamadiyah.

Raja yang mengaku sebagai aktivis Muhammdiyah menghormati keputusan Dahnil dan mengucapkan selamat karena rekannya itu kini terjun langsung ke dunia politik.

Meski begitu, ada hal yang mengganjal di hati Raja yang mengenal Dahnil sebagai aktivis

"Waktu akan membuktikan apakah pilihan Dahnil benar atau salah. Tapi yang pasti bergabung dengan seseorang yang memiliki latar belakang sejarah HAM yang kelam bagi aktivis seperti Dahnil akan menjadi pertanyaan awal bagi kalangan kawannya," ucap Raja.

Kompas TV Di dalam pertemuan Sandiaga mendapat pesan dan masukan dari Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com