Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Gus Dur, Dukung Jokowi atau Prabowo? Ini Kata Alissa Wahid

Kompas.com - 20/09/2018, 09:12 WIB
Fabian Januarius Kuwado,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Putri pertama Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid, Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid mengatakan, keluarganya belum memutuskan dukungan pada Pemilihan Presiden 2019.

Pada Pilpres 2019, ada dua pasangan yang telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum yaitu Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Alissa membantah anggapan yang menyebutkan bahwa keluarga Gus Dur belum menunjukkan arah dukungan politik karena kecewa Mahfud MD tak digandeng sebagai cawapres oleh Jokowi.

"Tidak seperti itu," ujar Alissa saat berbicara dalam acara Satu Meja yang ditayangkan Kompas TV, Rabu (19/9/2018) malam.

Baca juga: Ke Mana Suara Pecinta Gus Dur di Pilpres 2019?

Anggapan itu muncul karena ada yang menilai putri kedua Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid alias Yenny Wahid, mendorong agar Jokowi berpasangan dengan Mahfud MD.

Namun, pilihan akhir Jokowi jatuh kepada Ma'ruf Amin.

Alissa menegaskan, belum adanya keputusan soal arah dukungan keluarga Gus Dur di Pilpres 2019 karena para sesepuh sedang melakukan istiqarah.

"Ibu (Sinta) masih (shalat) istiqarah, Kiai-kiai yang kami anggap sebagai sahabat Gus Dur dan bebas dari kepentingan politik praktis semata juga sedang kami minta melakukan istiqarah. Nanti petunjuk dari sana itu yang akan kita jadikan sebagai deal breaker-nya, penentunya," ujar Alissa.

Baca juga: Saat Bertemu Istri Gus Dur, Prabowo Ditanya Isu Khilafah

Meski demikian, Alissa mengatakan, bersikap netral juga bukan hal yang buruk dalam Pilpres.

Berkaca pada Pilpres 2014, Alissa mengatakan, keluarganya memilih untuk netral atau tidak memublikasikan arah dukungan politik dengan alasan menghormati salah satu anggota keluarga.

"Kalau keluarga Gus Dur, dari tahun 2014, Mbak Yenny waktu itu posisinya di tengah-tengah ya. Netral. Karena waktu itu Mas Faris (suami Yenny) masih aktif di Gerindra juga. Kemudian dengan Pak Jokowi juga hubungannya baik. Jadi, dua-duanya okelah," ujar Alissa.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo ABDURRAHMAN WAHID

Kompas TV Dua pihak yang terlibat langsung dalam pilpres berjanji akan mengedepankan adu gagasan dan prestasi dalam meraih dukungan masyarakat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com