Kompas.com - 18/07/2018, 13:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR Bambang Soesatyo menduga, beberapa partai politik menggaet calon anggota legislatif (caleg) berlatar belakang artis untuk menuai simpati pemilih.

Hal itu disampaikan Bamsoet, sapaannya, menanggapi sejumlah partai yang mengusung artis sebagai caleg.

"Pengalaman tahun 2014-2019 memang membuka ruang sangat luar biasa bagi artis-artis untuk meraih simpati publik dan mendapatkan kursi. Barangkali itulah yang dilihat kenapa beberapa partai politik merekrut para artis untuk menjadi caleg," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/7/2018).

Baca juga: Semakin Banyak Caleg Artis, Parpol Dinilai Semakin Malas Kerja

Namun ia mengatakan tak semua partai mengusung caleg artis dalam jumlah besar. Ia mencontohkan, partainya, Golkar, yang tak mengusung banyak caleg artis.

Sebab, kata Bamsoet, partai politik juga harus mementingkan kader yang berkualitas untuk menyampaikan aspirasi rakyat di DPR.

"Jadi sekarang bagi parpol seperti Golkar dilihat bagaimana pertarungan pileg ke depan itu bisa menghasilkan kursi sebanyak-banyaknya, tapi juga harus mengedepankan kader-kader atau calon-calon yang berkualitas," lanjut politisi Golkar itu.

 

Sejumlah nama artis

Partai Nasional Demokrat menempatkan 10 artis sebagai calon anggota legislatif di Jawa Barat pada Pemilihan Legislatif 2019 mendatang.

Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat Saan Mustopa mengatakan, mereka tersebar di 15 daerah pemilihan di Jawa Barat.

"Ada sekitar 10 artis yang gabung dengan kami, mereka semua siap ikut serta dalam Pileg 2019 untuk dapil Jawa Barat," kata Saan di Kantor KPU Jawa Barat Jalan Garut Kota Bandung, Senin (16/7/2018).

Baca juga: 10 Artis Daftar Jadi Caleg Nasdem di Jawa Barat, Farhan hingga Olla Ramlan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.