Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Jokowi Tawarkan Kaesang ke Parpol, Sekjen PDI-P: Replikasi Pilpres

Kompas.com - 30/06/2024, 06:12 WIB
Fika Nurul Ulya,
Jessi Carina

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengaku mendengar kabar bahwa Presiden Joko Widodo menawarkan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, ke sejumlah partai politik untuk Pilkada DKI Jakarta.

Hasto menuturkan, tindakan Jokowi mendorongnya putranya maju seperti replikasi dalam Pilpres 2024.

Diketahui saat Pilpres, Gibran Rakabuming Raka yang merupakan putra sulungnya maju menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

Baca juga: Tak Percaya Jokowi Sodorkan Kaesang ke Sejumlah Parpol untuk Pilkada DKI, Zulhas: Kapan Ketemunya? Tahu dari Mana?

"Kami mendengar dari pers, kami mendengar dari tokoh-tokoh partai adanya upaya untuk melakukan suatu replikasi atas apa yang terjadi di dalam Pemilu Presiden 2024," kata Hasto di Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (29/6/2024).

Kendati begitu, Hasto mengeklaim PDI-P tidak takut dengan hal tersebut.

Dia menuturkan, PDI-P dibangun dengan konsepsi ketahanan yang menyatu dengan rakyat karena aspek ideologi, kepemimpinan, dan kelembagaan.

"Tentang kepemimpinan strategis, ideologi, dan pelembagaan partai serta relevansinya terhadap ketahanan partai. Sehingga PDI Perjuangan ini partai yang tumbuh besar dalam ujian-ujian sejarah," ucap dia.

Baca juga: Kaesang ke Sekjen PKS: Jangan Bawa-bawa Presiden Lah, Ketumnya Kan Saya

Lebih lanjut Hasto mengeklaim cawe-cawe Presiden Jokowi sudah ditunjukkan sejak lama saat Pilpres 2024 berlangsung.

Bahkan, praktik cawe-cawe itu dikatakan langsung oleh Presiden.

"Dan itu yang menyampaikan Pak Jokowi sendiri, bukan orang lain. Sehingga, di dalam menentukan pemimpin itu rakyat lah yang punya kedaulatan di dalam melakukan cawe-cawe yang sesungguhnya," jelas Hasto.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo disebut-sebut telah menawarkan putra bungsunya itu ke sejumlah partai politik untuk mengisi kursi bakal calon wakil gubernur di Jakarta pada Pilkada tahun ini.

Baca juga: Sekjen PKS Sebut Jokowi Sodorkan Kaesang ke Sejumlah Parpol untuk Maju Pilkada Jakarta

Hal ini diungkap oleh Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Al Habsyi di Jakarta Pusat, Kamis kemarin.

Aboe memang tidak menjelaskan lebih lanjut partai mana saja yang sudah disodorkan nama Kaesang.

Namun ia tidak membantah maupun membenarkan PKS menjadi salah satu partai yang ditawari.

"Sudah-sudah, sudah menyodorkan. Sudah menyodorkan, kita lihat saja. Sudah ya, cukup ya. (Disodorkan) Ke mana-mana," kata Aboe Bakar di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2024).

Baca juga: PAN Pertimbangkan Kaesang jika Ridwan Kamil Tak Maju di Pilkada DKI

Mendengar pernyataan Aboe, Kaesang membantah mentah-mentah. Dia menegaskan, sang ayah tidak pernah menawarkan dirinya ke sejumlah partai seperti yang dikatakan Aboe kepada awak media.

Menurutnya, pernyataan Aboe telah menggunakan cara-cara yang tidak baik dan membohongi publik.

"Pak Sekjen PKS tidak bicara sesuai fakta. Pak Jokowi tidak pernah menawarkan nama saya ke partai-partai. Silakan cek, atau sebut partai mana yang pernah ditawari Pak Jokowi," bantah Kaesang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com