Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota DPR: PDN Itu Seperti Brankas Berisi Emas dan Berlian, Obyek Vital

Kompas.com - 29/06/2024, 22:01 WIB
Dian Erika Nugraheny,
Ardito Ramadhan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menyatakan, Pusat Data Nasional (PDN) adalah obyek vital nasional karena menyimpan banyak data dari seluruh instansi pemerintah, baik itu kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Sukamta pun mengibaratkan PDN seperti sebuah brankas yang berisi emas dan berlian karena data yang berada di dalam sistem tersebut begitu berharga.

"Ini artinya apa ? Artinya , PDN ini seperti brankas yang di dalamnya berisi emas batangan murni 24 karat plus ada berlian 100 karat di situ. Karena di dalamnya adalah objek vital nasional," kata Sukamta dalam diskusi daring yang membahas soal peretasan PDN pada Sabtu (29/6/2024).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengatakan, peretasan sistem PDN bakal berdampak serius terhadap banyak aspek.

Baca juga: Pejabat Pemerintah Dinilai Tak Gentle Tanggung Jawab Setelah PDN Diretas

Ia menuturkan, dalam proses peretasan kemungkinan ada aktivitas enkripsi yakni teknis mengkonversi data dengan kode-kode tertentu.

Akibatnya, data-data yang dimiliki berbagai kementerian dan lembaga di Indonesia sudah berkompromi dengan sistem peretas.

Padahal, ada data-data penting di sektor keamanan, kepolisian, hingga militer yang masuk dalam sistem PDN.

"Coba bayangkan kalau satu negara mempelajari sistem keamanan (Indonesia). Bagaimana polisi amankan, berapa personil, bagaimana pola penanganan, pola laporan, terus ketahuan. Negara yang ingin buat rusuh di Indonesia, bagaimana mempekerjakan intelijen asing memprovokasi orang, kan bisa," kata Sukamta.

Baca juga: Pakar: PDN Selevel Amazon, tapi Administrasinya Selevel Warnet

 

Ia menyebutkan, peretasan PDN juga bakal berdampak ke sektor ekonomi karena pihak asing bisa mempelajari pola konsumsi masyarkaat Indonesia.

"Itu akan membuat bangsa kita itu mudah di-drive (disetir). Jadi oh kalau jualan ke Indonesia ini saja, supaya ada dampak ketergantungan kepada negara saya gitu. Jadi ini sebetulnya kita kehilangan kekayaan yang luar biasa," ujar Sukamta.

Diketahui, sudah sepekan PDN belum pulih dari mengalami serangan siber dengan ransomware yang terjadi Kamis (20/6/2024).

Serangan itu tidak hanya mengakibatkan gangguan terhadap sejumlah layanan, tetapi membuat data milik 282 kementerian/lembaga dan pemerintah daerah di PDN terkunci dan tersandera peretas.

Tim dari Kementerian Kominfo, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Polri dan juga Telkom selaku pihak pengelola PDN, telah berupaya mengembalikan data-data tersebut, tetapi tidak membuahkan hasil.

Pemerintah akhirnya mengaku gagal memulihkan data-data yang tersimpan di PDN.

"Kita berupaya keras melakukan recovery resource yang kita miliki. Yang jelas data yang sudah kena ransomware sudah tidak bisa kita recovery. Jadi sekarang menggunakan sumber daya yang masih kita miliki,” ujar Direktur Network dan IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, Rabu (26/6/2024).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com