Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PAN Pertimbangkan Kaesang jika Ridwan Kamil Tak Maju di Pilkada DKI

Kompas.com - 29/06/2024, 19:29 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Ardito Ramadhan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio mengatakan, putra bungu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, adalah sosok alternatif yang dapat diusung sebagai calon gubernur Jakarta.

Eko mengatakan, ketua umum Partai Solidaritas Indonesia itu bakal dipertimbangkan apabila mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak maju pada Pilkada Jakarta 2024.

“Kalau di level saya ya, ini juga menjadi masukan kalau seandainya Ridwan Kamil tidak (jadi maju) gitu ya, apa yang harus kita tampilkan. Oh berarti ada alternatif lain yaitu Mas Kaesang,” kata Eko usai rakernas PAN di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Sabtu (29/6/2024).

Baca juga: Tak Percaya Jokowi Sodorkan Kaesang ke Sejumlah Parpol untuk Pilkada DKI, Zulhas: Kapan Ketemunya? Tahu dari Mana?

Eko mengatakan, maju atau tidaknya Ridwan Kamil masih menunggu keputusan Partai Golkar sebagai partai yang menaungi mantan wali kota Bandung itu.

Namun, Eko menilai Ridwan Kamil akan menjadi lawan yang sepadan untuk bertarung dengan Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta 2024.

“Karena kalau Ridwan Kamil masuk ke DKI Jakarta, menjadi persaingan yang buat saya seimbang antara Anies dengan Ridwan Kamil,” kata dia.

Eko menambahkan, PAN juga menyiapkan Zita Anjani, putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, untuk menjadi calon wakil gubernur Jakarta.

Baca juga: KIM Siapkan Pesaing Anies pada Pilkada Jakarta, Ridwan Kamil dan Kaesang Masuk Nominasi

“Ya kalau dari internal kami ya tentunya maunya Mbak Zita lah ya cawagubnya, gitu. Tapi kita lihat lagi survei kembali seperti apa,” ucap Eko.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah elemen dalam Koalisi Indonesia Maju telah melempar sinyal untuk mendukung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jakarta

Namun, Partai Golkar belum menentukan sikapnya untuk mengusung Ridwan Kamil pada Pilkada Jakarta atau Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com