Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal 19 April 2024 Memperingati Hari Apa?

Kompas.com - 17/04/2024, 00:00 WIB
Tari Oktaviani

Penulis

KOMPAS.com - Tanggal 19 April 2024 jatuh pada hari Jumat. Setiap tanggal 19 April diperingati sebagai Hari Pertahanan Sipil (Hansip).

Selain itu, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini. Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada 19 April 2024.

Hari Hansip

Tanggal 19 April dirayakan sebagai Hari Hansip. 

Tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan dibentuknya Keputusan Presiden Nomor 128 Tahun 1962 tentang Perencanaan, Penyelenggaraan, Koordinasi dan Pengawasan Hansip dan Perlawanan Rakyat (Wanra), serta Keputusan Wakil Menteri Pertama Urusan Pertahanan/Keamanan Nomor MI/A/72/62 tanggal 19 April 1962 tentang Peraturan Pertahanan Sipil.

 

Meski saat ini sudah tidak ada lagi hansip namun tidak ada salahnya mempelajari bagaimana asal-usulnya. 

Cikal bakal hansip sudah ada sejak zaman pemerintahan Belanda di Indonesia. Pemerintah Belanda membentuk suatu organisasi yang bertugas untuk melindungi masyarakat dari serangan musuh bernama Lucht Bescherming Deints (LBD).

Saat penjajahan Jepang, Pemerintah Jepang juga ikut membentuk organisasi semacam LBD yang disebut dengan Pertahanan Sipil pada tahun 1943. Tujuannya untuk menjaga keamanan, pengumpulan dana, pendistribusian makanan dan lainnya.

Hansip kemudian berubah nama pada tahun 2002 menjadi Organisasi Perlindungan Masyarakat (linmas). Lalu pada tahun 2004, Linmas dilaksanakan oleh Pemda di bawah Satuan Polisi Pamong Praja (satpol PP).

Agar efektif maka pada tahun 2014, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono melalui PP Nomor 88 Tahun 2014 mencabut Keppres Nomor 55 Tahun 1972. Dengan demikian tidak ada lagi linmas dan semua tugas dialihkan ke Satpol PP.

Baca juga: Tanggal 5 April 2024 Memperingati Hari Apa?

Hari Bhatara Sri

Hari raya Bhatara Sri merupakan salah satu hari yang dirayakan oleh umat hindu. Khususnya dirayakan oleh umat Hindu di Bali.

Hari ini dirayakan setiap 210 hari sekali atau enam bulan sekali. Pada tahun 2024 ini jatuh pada 19 April 2024.

Hari ditentukan berdasarkan wuku yaitu Merakih yang bertemu dengan Saptawara Sukra (Jumat) dan Pancawara Umanis.

Bhatara Sri sendiri merupakan dewi kemakmuran atau dewi yang pemurah dan pemberi rejeki.

Di hari ini umat hindu akan berkumpul dan berdoa di titik yang terdapat bahan pangan seperti di sawah atau lumbung padi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com