Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, 3.243 Jemaah Haji dari 6 Debarkasi Pulang ke Indonesia

Kompas.com - 08/08/2022, 17:02 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, sebanyak 3.243 jemaah haji dari 6 debarkasi pulang ke Indonesia pada Senin (8/8/2022).

Kepala Biro Humas Data dan Informasi (HDI) Kementerian Agama (Kemenag), Akhmad Fauzin mengatakan, 6 debarkasi tersebut adalah Batam, Balikpapan, Jakarta-Bekasi (JKS), Palembang, Ujung Pandang, dan Solo (SOC).

"Hari ini akan dipulangkan 8 kelompok terbang menuju 6 debarkasi, yaitu Batam, Balikpapan, Jakarta Saudi Bekasi, Palembang, Ujung Pandang, dan Solo," kata Akhmad Fauzin dalam konferensi pers, Senin (8/8/2022).

Baca juga: Wapres Nilai Haji 2022 Berjalan Baik meski Rantai Kesulitan Tetap Ada

Rinciannya, debarkasi Batam sebanyak satu kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas 450 orang, Balikpapan terdiri dari satu kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas 360 orang, dan Jakarta-Bekasi satu kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas 1.230 orang.

Lalu, Palembang sebanyak satu kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas 450 orang, Solo satu kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas 360 orang, dan Ujung Pandang 1 kelompok terbang dengan jumlah 389 orang.

"Hari ini kita telah memasuki hari ke-66 operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 Hijriah," sebut dia.

Baca juga: Resmi Melantai di BEI, Perusahaan Haji Isam Langsung Melonjak 24,67 Persen

Sementara itu, jumlah jemaah haji yang telah tiba di Tanah Air sebanyak 78.369 orang.

Jemaah sakit dan wafat

Jumlah jemaah haji Indonesia yang sakit berkurang saat ini, dengan total berjumlah 34 orang. Sedangkan jemaah yang wafat mencapai 85 orang.

Baca juga: Dukcapil Serahkan 59 Akta Kematian ke Keluarga Jemaah Haji yang Meninggal

Jika dirinci, jemaah yang sakit 16 orang dirawat di RS Arab Saudi dan 18 lainnya di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com