Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Wukuf, Obat dan Alkes untuk Jemaah Haji RI Mulai Dikirim ke Arafah

Kompas.com - 07/07/2022, 05:16 WIB
Aryo Putranto Saptohutomo

Editor

MAKKAH, KOMPAS.com - Tim Kesehatan Haji dari Kementerian Kesehatan mulai mengirim berbagai perbekalan obat-obatan dan alat kesehatan ke wilayah Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) menjelang wukuf dan rangkaian ibadah puncak haji lainnya pada Jumat (8/7/2022).

Menurut Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, dr. Budi Sylvana MARS, pengiriman logistik itu akan dilakukan pada Rabu (6/7/2022) pukul 22.00 waktu Arab Saudi.

"Alhamdulillah semua persiapan sudah selesai, tim kesehatan termasuk obat, alat kesehatan dan perbekalan kesehatan akan mulai kita deploy," ungkap Budi dalam keterangan pers Kementerian Kesehatan, Rabu (6/7/2022).

Budi mengatakan, mereka sudah melakukan taklimat kepada seluruh tenaga kesehatan haji (TKH) untuk menekan angka jemaah haji yang meninggal atau sakit dalam masa ibadah puncak.

Baca juga: Apa Itu Haji Furoda dan Bagaimana Aturannya di Indonesia?

"Semua upaya kami lakukan untuk keselamatan dan kesehatan jemaah haji indonesia,'' ujar Budi.

Sebanyak 331 petugas kesehatan Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) disiagakan untuk melayani para jemaah haji Indonesia.

Adapun jenis layanan yang akan diberikan nantinya kepada jemaah adalah layanan yang sifatnya darurat (emergency) maupun pelayanan kesehatan lainnya yang dibutuhkan.

Sementara itu, sebanyak 234 paket obat dari 18 kelas terapi sudah disiapkan dan sudah diberikan kepada para Tenaga Kesehatan Haji (TKH) Kloter, yang didalamnya termasuk golongan antibiotik, obat hipertensi, diabetes melitus, vitamin, dan cairan.

Mereka juga akan memberi pengawalan khusus bagi para jemaah haji dengan kategori risiko tinggi (risti).

Baca juga: Cuaca Panas Jelang Wukuf, Jemaah Haji Indonesia Diminta Jaga Kondisi Kulit

"Ini menjadi bekal para TKH dalam mengawal jemaah, terlebih bagi 30 formasi jemaah haji risti," tambah Budi.

Tim juga sudah menyiapkan 78 jenis alat kesehatan yang akan disebar ke 3 pos kesehatan. Kelompok pertama Arafah sebanyak 35 item alat-alat medis, kelompok kedua di Muzdalifah ada 22 item, dan kelompok ketiga di Mina ada 21 item.

Di antara jenis alat kesehatan yang akan disebar ke pos-pos kesehatan di antaranya adalah concentrator oxygen, minor surgery, pulse oxymetry, alat tensi, alat EKG, nebulizer, tandu, kursi roda, hingga lampu tindakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com