Kompas.com - 01/07/2022, 18:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo sebagai sosok yang selalu memikirkan reformasi birokrasi.

"Beliau terus bekerja siang malam melakukan langkah-langkah reformasi birokrasi dengan sistem melakukan perubahan-perubahan besar," kata Ma'ruf usai melayat di Kantor Kemenpan RB, Jumat (1/7/2022) sore.

Ma'ruf menuturkan, Tjahjo juga merupakan sosok yang rajin.

Contohnya, Tjahjo selalu memberikan laporan kerja dalam bentuk buku yang diserahkan kepadanya dan Presiden Joko Widodo pada sidang-sidang kabinet.

Baca juga: Puan: Megawati Sangat Bersedih Kehilangan Tjahjo Kumolo, Adiknya yang Selalu Ikut Berjuang Bersama

Ma'ruf bercerita, saat sudah jatuh sakit pun, Tjahjo masih ingin menyelenggarakan pertemuan antara berbagai kementerian, lembaga, pemerintah daerah, maupun swasta untuk mempercepat mal pelayanan publik (MPP).

"Selasa yang lalu saya ada acara di sini sebagai inisiatif beliau walau beliau tidak hadir, tiba-tiba beliau masuk rumah sakit, tapi inisiatifnya untuk pemberian rapat koordinasi dalam rangka MPP, mal pelayanan publik," kata Ma'ruf.

Ma'ruf menyebutkan, Tjahjo juga seseorang yang selama ini mengabdi kepada bangsa dan negara sejak menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri hingga menjadi Menpan RB.

"Tapi Allah sudah menghendaki beliau sampai di sini, karena itu kita doakan mudah-mudahan diterima oleh Allah SWT dan kita yakin beliau orang baik dan banyak jasanya kepada bangsa dan negara," kata Ma'ruf.

Baca juga: Ganjar Kenang Momen Terakhir dengan Tjahjo Kumolo

Diberitakan sebelumnya, Tjahjo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat siang pukul 11.10 WIB.

Politikus PDI-P itu menghembuskan napas terakhirnya dirawat di rumah sakit beberapa minggu terakhir.

Kondisinya juga sempat dikabarkan membaik sebelum akhirnya dinyatakan meninggal pada Jumat siang.

Tjahjo Kumolo dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.