Kompas.com - 01/07/2022, 18:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut melayat prosesi pemakaman Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Ia mengenang momen terakhirnya bertemu dengan Tjahjo, pria yang juga kader PDI-P sepertinya.

"Terakhir ketemu saat Pak Jokowi menikahkan adiknya, kami ngobrol satu meja dengan beberapa menteri. Gubernurnya kebetulan saya saja," ujar Ganjar kepada wartawan di TMP Kalibata, Jumat malam.

"Jadi di antara kita itulah Mas Tjahjo yang sangat cair kalau berkomunikasi ya. Kita komunikasi dengan santai, guyonan dan waktu itu saya lihat kondisinya sehat walafiat," lanjutnya.

Baca juga: Jenazah Tjahjo Kumolo Dimakamkan, Pratikno Pimpin Upacara Pemakaman

Ganjar mengaku tidak tahu perkembangan kabar Tjahjo selanjutnya selain bahwa sosok yang ia anggap sebagai organisatoris yang hebat itu dirawat di rumah sakit dan keluarganya meminta doa dengan rendah hati.

Ia tidak sempat menjenguk hingga Tjahjo berpulang.

Ia mengaku mengetahui kabar berpulangnya Tjahjo dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Kemudian saya dapat informasi lain, dibombardir, semua orang konfirmasi dan saat itu hampir seluruh orang yang punya nomor saya menyampaikan berita duka ke saya. Mungkin mereka ingin menyampaikan ke keluarga, ke partai, ke pemerintahan tapi mungkin karena punya nomor saya," ungkap Ganjar.

"Kita berdoalah semoga beliau dosa-dosanya diampuni dan seluruh amal ibadahnya diterima Allah swt," ujarnya.

Baca juga: Ganjar: Selama Kenal Mas Tjahjo, Saya Tak Pernah Melihatnya Marah

Tjahjo meninggal di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat sekitar pukul 11.10 WIB.

Tjahjo dirawat di rumah sakit sejak 20 Juni 2022. Belum diketahui pasti sakit yang diderita Tjahjo.

Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri terus memantau kondisi Tjahjo. Presiden Joko Widodo juga turut membesuk Tjahjo tak lama setelah Tjahjo dibawa ke rumah sakit.

Tjahjo dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.