Kompas.com - 26/04/2022, 18:46 WIB

KOMPAS.com – Dompet Dhuafa menggulirkan program budi daya tanaman hias anggrek bernama “Kampung Sejuta Anggrek” bersama masyarakat Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur (Jaktim).

Program tersebut berjalan sejak 2021 dengan berbagai intervensi dari Dompet Dhuafa, baik dari segi permodalan, pembinaan, hingga ke pemasaran.

Kini, jumlah tanaman anggrek yang berhasil dibudidayakan di Pasar Rebo mencapai lebih dari 10.000 tanaman.

Untuk meningkatkan hasil budi daya agribisnis tanaman anggrek bernilai ekonomi tinggi, Dompet Dhuafa menggelar Pelatihan Pembuatan Hampers Rangkai Anggrek di Ruang Serbaguna Kantor Kecamatan Pasar Rebo, Selasa (26/4/2022).

Kegiatan itu digelar bersama Komunitas Budi Daya Tanaman Anggrek, salah satu komunitas binaan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Pasar Rebo.

Kepala Social Trust Fund Dompet Dhuafa Dodi Subardi menyampaikan, pelatihan digelar sebagai pengembangan skill dan kapasitas komunitas untuk mengoptimalkan aset program (tanaman anggrek) yang ada menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi.

Baca juga: Dompet Dhuafa Gandeng Armada Band Gelar “Grebek Kampung” di Tanjung Barat

"Perangkaian hampers anggrek dirakit menjadi paket kado sebagai hadiah. Hampers diyakini menjadi salah satu ikon yang diminati pasaran saat ini, apalagi momen-momen menjelang Hari Raya Idul Fitri," dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa.

Menurut dia, peluang pasar dan ketersediaan anggrek yang melimpah juga menjadi salah satu faktor untuk pelaksanaan pelatihan tersebut.

Dengan begitu, kata dia, hasil hampers bisa menjadi salah satu tambahan pemasukan bagi anggota komunitas.

"Pelatihan ini diharapkan bisa mengoptimalisasi peran koperasi sebagai wadah penjualan dan marketing produk, sehingga para penerima manfaat program mendapatkan pendapatan tambahan," ujarnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.