Kompas.com - 15/02/2022, 15:34 WIB

KOMPAS.com – Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP) menyelenggarakan Tegal Guppy Show II Tingkat Nasional di Mall Ikan Komplek Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Tegal, Minggu (13/2/2022).

Acara tersebut terwujud berkat kerja sama BRSDM, BPPP Tegal, serta komunitas Tegal Guppy Team (TGT).

Adapun tujuan dari kontes itu adalah untuk meningkatkan usaha produktif budi daya ikan hias. Sebab, selain menarik, budi daya ikan hias bermanfaat untuk melepas penat dan mendatangkan keuntungan besar.

Pelaksana Tugas (Plt) BRSDM Kusdiantoro menerangkan, budi daya ikan guppy atau gupi layak dijadikan komoditas primadona karena memiliki sejumlah keunggulan.

Baca juga: Kinerja BRSDM Periode 2021 Lampaui Target, Kementerian KP Akselerasikan Program Riset dan SDM 2022

“Keunggulan itu, di antaranya sistem budi daya tanpa perlu lahan luas, nilai jual tinggi jika dibandingkan ikan konsumsi, serta perputaran dana yang lebih cepat dalam usaha, sehingga pelaku usaha bisa cepat balik modal,” terang Kusdiantoro, dikutip dari keterangan pers resminya, Selasa (15/2/2022).

Ia menerangkan, animo kontes ikan gupi cukup besar. Kegiatannya pun beragam, tidak sekadar mengumpulkan strain gupi saja.

“(Kontes ikan gupi) turut mengedukasi masyarakat luas untuk melihat peluang usaha selama pandemi Covid-19. Tak hanya menarik, gupi juga menjadi komoditas yang diminati pasar nasional maupun global,” paparnya.

Kusdiantoro berharap kontes ikan gupi bisa menggenjot sisi produksi dan menciptakan multiplier effect untuk BPPP Tegal, TGT, hingga para penghobi dan pembudidaya ikan gupi.

Baca juga: Generasi Muda Peduli Pesisir dan Sungai, Aksi BRSDM Wujudkan Ekonomi Biru dan Laut Sehat

“Agar mereka (penghobi dan pembudidaya) juga bisa mengembangkan varian gupi yang punya nilai ekonomis tinggi. Selain meningkatkan pendapatan, strain beragam juga dapat mendongkrak nilai ekspor nasional,” ujar dia.

Lebih lanjut, Kusdiantoro mendorong agar kontes-kontes sejenis bisa terus dilanjutkan dengan memanfaatkan aset-aset yang dimiliki BRSDM.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.