Hari Kartini, Puan Ajak Perempuan Suntikkan "Vaksin" Literasi di Keluarga

Kompas.com - 21/04/2021, 14:00 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani saat mengikuti pertemuan virtual dengan Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU) Duarte Pacheco, Selasa (30/3/2021) siang. Dokumentasi tim Puan MaharaniKetua DPR RI Puan Maharani saat mengikuti pertemuan virtual dengan Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU) Duarte Pacheco, Selasa (30/3/2021) siang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR Puan Maharani mengajak seluruh perempuan di Indonesia untuk meningkatkan budaya literasi dalam keluarga.

Sebab, menurutnya, budaya literasi sudah diterapkan sejak lama, bahkan sejak era Raden Ajeng Kartini yang menjadi simbol perjuangan perempuan Indonesia.

"Saya mengajak para Kartini masa kini untuk menyuntikkan 'vaksin literasi' di dalam keluarga Indonesia," kata Puan dalam pernyataan video di akun Instagramnya @puanmaharaniri, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Panggil Aku Kartini Saja, Potret Kekaguman Pramoedya...

Politisi PDI-P itu mengatakan, Kartini memiliki kemampuan literasi yang berguna bagi bangsa Indonesia.

Menurut dia, kemampuan literasi yang dimiliki Kartini itulah menjadi cikal bakal terbitnya buku "Habis Gelap Terbitlah Terang".

"Jika Raden Ajeng Kartini tidak memiliki kemampuan literasi, maka tidak akan ada buku Habis Gelap Terbitlah Terang yang berisikan surat-surat yang ditulis Raden Ajeng Kartini," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia mengungkapkan, buku yang dituliskan oleh Kartini itu bahkan menginspirasi banyak Kartini lintas generasi hingga masa kini.

Puan juga mengatakan, kemampuan literasi dapat memajukan peradaban Indonesia. Hal itu, kata dia, dapat ditempuh dengan cara memajukan budaya literasi.

"Jika kita ingin memajukan peradaban Indonesia, maka kita harus memajukan budaya literasi," terangnya.

Baca juga: Hari Kartini, Kompolnas Harap Polri Tingkatkan Jumlah, Kualitas, dan Peran Polwan

Lebih lanjut, ia menyebut ada banyak cara bagi Kartini masa kini untuk berperan aktif dalam meningkatkan budaya literasi.

Salah satunya, kata Puan, melalui sebuah ruang lingkup yang penting yaitu dalam keluarga.

Karenanya, ia mengajak seluruh perempuan Indonesia atau Kartini masa kini untuk menggalakkan budaya literasi dalam keluarga.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.