Kompas.com - 10/03/2021, 11:41 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri dalam acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Penanganan Pengaduan dalam Upaya Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi di Gedung Merah Putih KPK, Senin (21/12/2020). Youtube.com/KPK RIKetua KPK Firli Bahuri dalam acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Penanganan Pengaduan dalam Upaya Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi di Gedung Merah Putih KPK, Senin (21/12/2020).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyatakan, pegawai KPK akan dilantik sebagai aparatur sipil negara (ASN) pada 1 Juni 2021 mendatang.

"Insya Allah pegawai KPK akan beralih menjadi ASN dan dilantik pada tanggal 1 Juni 2021 dengan semangat hari lahirnya Pancasila," kata Firli dalam rapat bersama Komisi III DPR, Rabu (10/3/2021).

Firli tidak mengungkap jumlah pegawai KPK yang akan beralih status menjadi ASN.

Namun, ia menuturkan, saat ini sudah ada 1.362 pegawai KPK, baik yang berstatus pegawai tetap maupun tidak tetap, tengah menjalani proses alih status menjadi ASN.

Ia menyebut, pegawai-pegawai KPK itu sedang menjalani asesmen wawasan kebangsaan yang digelar oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Asesmen kebangsaan ini dianggap perlu dan menjadi hal yang penting karena memang asesmen kebangsaan adalah syarat mutlak menjadi apartur sipil negara," ujar Firli.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Alih Status Jadi ASN, Pegawai KPK Jalani Asesmen Wawasan Kebangsaan

Firli menjelaskan, prosedur alih status pegawai ASN itu telah dimulai pada Februari 2021 lalu dengan melakukan persiapan kerja sama dengan BKN.

Lalu, pada Maret-April 2021 akan dilaksanakan asesmen, dilanjutkan dengan persiapan administrasi kepegawaian Mei 2021, hingga akhirnya dilantik menjadi ASN pada 1 Juni 2021 mendatang.

Diketahui, alih status pegawai KPK menjadi ASN merupakan salah satu amanat Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

Presiden Joko Widodo pun telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2020 Tentang Pengalihan Pegawai Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Menjadi Pegawai Aparatur Sipil Negara.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.