Kompas.com - 09/12/2020, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyampaikan pesannya terkait penyelenggaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 yang digelar serentak pada Rabu (9/12/2020).

Pesan tersebut disampaikan Ma'ruf melalui akun Instagram-nya, @kyai_marufamin, Rabu sore.

Ma'ruf mengunggah gambar berupa ilustrasi animasi yang menunjukkan seseorang sedang melakukan pencoblosan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Satgas: Tingkat Kepatuhan Protokol Kesehatan di Daerah Penyelenggara Pilkada di Atas 89 Persen

Dalam caption gambar tersebut, Ma'ruf mengawali dengan ucapan syukur karena penyelenggaraan pilkada telah digelar di 270 daerah.

"Penyelenggaraan pemilihan kepala daerah merupakan mandat konstitusi sekaligus sebagai perwujudan kedaulatan rakyat dan sarana mengaktualisasikan hak konstitusional dalam menyampaikan aspirasi politiknya untuk turut serta dalam pemerintahan secara demokratis," ujar Ma'ruf dalam akunnya tersebut.

Ma'ruf pun meminta setiap individu untuk memperhatikan protokol kesehatan karena pilkada kali ini digelar di masa pandemi Covid-19.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KH.Ma'ruf Amin (@kyai_marufamin)

Ia mengingatkan agar protokol kesehatan berupa mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan memakai masker diterapkan dengan seksama.

"Tetap selalu menjaga imunitas dan kesehatan. Mari bersama-sama mematuhi dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan," tutur dia.

Baca juga: Kemendagri Klaim Belum Dapat Laporan Pelanggaran di Hari-H Pilkada

Adapun Pilkada Serentak 2020 digelar di 270 daerah di Tanah Air sejak tadi pagi.

Penyelenggaraan pilkada tersebut digelar di tengah pandemi Covid-19.

Di sisi lain, putri Ma'ruf Amin, yakni Siti Nur Azizah mengikuti pertarungan pilkada kali ini dengan menjadi calon wali kota Tangerang Selatan bersama Ruhamaben sebagai calon wakil wali kota Tangerang Selatan.

Keduanya diusung oleh Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan mendapat nomor urut dua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.