Dari Gitar, Kuda, hingga Sepeda, Ini Hadiah yang Pernah Diterima Jokowi...

Kompas.com - 28/10/2020, 10:03 WIB
Hadiah sepeda lipat untuk Presiden Jokowi dari presenter Daniel Mananta dan PT Roda Maju Bahagia, diantarkan ke Kantor KSP, Selasa (27/10/2020). Dok KSPHadiah sepeda lipat untuk Presiden Jokowi dari presenter Daniel Mananta dan PT Roda Maju Bahagia, diantarkan ke Kantor KSP, Selasa (27/10/2020).
Penulis Dani Prabowo
|

JAKARTA, KOMPAS.comPresiden Joko Widodo kembali menerima hadiah. Kali ini, hadiah yang diterima Presiden yaitu berupa sepeda produksi dalam negeri.

Hadiah tersebut diserahkan oleh CEO PT Roda Maju Bahagia, Hendra dan CEO Damn! I Love Indonesia Daniel Mananta kepada Jokowi melalui Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Senin (26/10/2020).

Sepeda model lipat tipe Ecosmo 10 Sp Damn yang diserahkan itu merupakan sepeda khusus yang dibuat dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-92 yang jatuh pada hari ini, Rabu (28/10/2020). Total, ada lima sepeda lipat yang diserahkan.

Dilihat Kompas.com di sejumlah e-commerce, harga satu unit sepeda itu berkisar antara Rp 5,25 juta hingga Rp 5,75 juta.

Baca juga: KSP Akan Laporkan Sepeda Lipat Jokowi dari Daniel Mananta ke KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun mengimbau agar Istana melaporkan hadiah yang diterima. Di sisi lain, KSP menyatakan akan melaporkan hadiah tersebut ke KPK.

“Barang-barang tersebut akan kami laporkan ke KPK untuk diproses lebih lanjut sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Kepala Sekretariat KSP Yan Adikusuma dalam keterangan tertulis, Selasa (27/10/2020).

Selain sepeda, Jokowi sebelumnya juga pernah menerima sejumlah barang pemberian. Bahkan, pemberian itu telah diterima semasa ia masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Namun, barang pemberian yang diterima Jokowi kerap diserahkan kepada KPK. Bahkan, KPK pernah mengganjar Jokowi sebagai pejabat publik dengan teladan yang baik terkait pelaporan gratifikasi.

“Pada 2017 KPK pernah memberikan penghargaan kepada Presiden sebagai pelapor gratifikasi dengan nilai terbesar,” ucap Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati, Selasa.

Baca juga: KPK Imbau Istana Laporkan Sepeda Lipat Pemberian Daniel Mananta untuk Jokowi

Berikut sejumlah hadiah yang pernah diterima Jokowi:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X