Cegah Corona, Mahfud Minta Tokoh Agama Ajak Masyarakat Ibadah di Rumah

Kompas.com - 17/03/2020, 09:47 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD menjalani rapat melalui video conference yang terhubung langsung dengan Presiden Joko Widodo. Kemeko PolhukamMenko Polhukam Mahfud MD menjalani rapat melalui video conference yang terhubung langsung dengan Presiden Joko Widodo.

JAKARTA KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengajak tokoh agama mengimbau masyarakat agar menjalani peribadatan keagamaan di rumahnya masing-masing.

Seruan Mahfud tersebut sebagai upaya menjalani social distancing atau membatasi interaksi sosial dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

"Diharapkan kepada tokoh-tokoh agama, ormas, majelis keagamaan, dan takmir mesjid supaya juga memberikan pengertian ke jamaah untuk memilih beribadah di rumah masing-masing dulu," ujar Mahfud dalam keterangan video Kemenko Polhukam, Senin (16/3/2020).

Baca juga: Cara Seru 7 Selebriti Habiskan Waktu di Rumah Saat Diharuskan Social Distancing

Mahfud meyakini jika tokoh agama menyerukan imbauan tersebut maka upaya social distancing akan berjalan efektif.

Dia mengatakan, melakukan ibadah di rumah juga sudah dilakukan di negara-negara Timur Tengah, seperti Kuwait hingga Qatar.

"Di negara-negara Timur Tengah, termasuk masjidil haram, Kuwait, Qatar, dan sebagainya, seruan seperti ini sudah dilakukan," katanya.

"Mari kita jaga keselamatan kita bersama dengan penuh gotong-royong dan kebersamaan," terang dia.

Baca juga: Risma Berlakukan Social Distancing di Surabaya, Jarak Duduk 1 Meter Saat Rapat

Dia mengatakan, upaya dan sosialiasi social distancing diharapkan dapat berlangsung efektif.

Hal itu dilakukan supaya dapat meredam penyebaran virus corona.

"Hindari kerumuman, kalau tidak trlalu penting, jangan berdekatan dengan orang lain, sehingga kita semuanya bisa meminimalisir serangan Covid-19," ungkap Mahfud.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X