Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Polhukam Bertemu Mendagri Bahas Pilkada 2020

Kompas.com - 17/01/2020, 13:12 WIB
Dian Erika Nugraheny,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko-Polhukam) Mahfud MD bertemu Menteri Dalam Negeri (Mendgari) Tito Karnavian, Jumat (17/1/2020).

Salah satu poin yang dibahas dalam pertemuan itu adalah persiapan Pilkada 2020.

"Kita melakukan kunjungan kerja biasa, saya (sebelumnya) ke Polri ke Kemenkumham, ke sini, nanti kemana lagi. Yang penting kita akan melakukan koordinasi bersama menjelang 2020," ujar Mahfud di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat.

Baca juga: KPU Tegaskan Bupati Talaud Terpilih Selesaikan Syarat Pencalonan Pilkada 2018

Mahfud menegaskan pemerintah telah siap menggelar pilkada 2020 di 270 daerah. Dirinya juga menjamin keamanan selama tahapan pilkada.

"Kami koordinasi untuk lebih memastikan kesiapan, terutama Kemendagri. Pada intinya kita siap lah menyelenggarakan Pilkada 2020. Insya Allah aman dan lancar," tambah Mahfud.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian, memastikan pengawasan proses pencairan anggaran pilkada.

Kemendagri akan melakukan review pencairan anggaran pilkada yang sudah dialokasikan pemerintah daerah.

"Sudah kita lihat semua alokasi dan kita review di tingkat provinsi, lalu provinsi nanti mereview kabupaten/kota. Tapi kita memiliki jajaran inspektorat yang memiliki garis langsung dengan provinsikabupaten/kota. Jadi nanti Dirjen Kemendagri saya minta untuk mengecek dan meyakinkan bahwa anggaran tersebut masuk (disalurkan ke penyelenggara pilkada)," jelas Tito.

Baca juga: Jelang Pilkada Serentak 2020, Ridwan Kamil Ajak Warga Jabar Perangi Hoaks

Untuk diketahui, Pilkada 2020 akan digelar di 270 wilayah di Indonesia. Jumlah tersebut meliputi sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Adapun hari pemungutan suara Pilkada 2020 jatuh pada 23 September tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com