KILAS

Ke Berlin, Menkominfo Buktikan RI Aktif dalam Pergaulan TI Global

Kompas.com - 25/11/2019, 20:36 WIB
Menkominfo RI menghadiri acara IGM 2019 di Berlin, Jerman. Dok. Kemkominfo RIMenkominfo RI menghadiri acara IGM 2019 di Berlin, Jerman.

KOMPAS.com – Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo) RI, Johnny Gerrard Plate bertolak ke Berlin, Senin (25/11/2019).

Kedatangan Menkominfo ke ibu kota negara Jerman itu adalah menghadiri forum 14th Annual Meeting of Internet Governance Forum (IGF) 2019 yang digelar pada 25-29 November 2019.

Dengan menghadiri forum itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kemkominfo) RI mampu menunjukkan posisi Indonesia yang aktif dalam tata pergaulan teknologi informasi (TI) komunikasi global.

Hal itu dikarenakan Menkominfo berkesempatan menjabarkan kesuksesan tata kelola internet di Indonesia pada forum tersebut.

Baca juga: Menkominfo Bakal Bantu Sri Mulyani Kejar Pajak Netflix

Ia juga akan menjelaskan kebijakan dan strategi dalam hal infrastruktur dan konektivitas, penetrasi internet dan media sosial, ekosistem ekonomi digital, serta isu pengelolaan internet di Indonesia.

“Indonesia merupakan salah satu negara pengguna Internet terbesar di dunia,” ujar Johnny dalam keterangan tertulisnya.

Ia melanjutkan, Indonesia juga sukses membuktikan diri sebagai salah satu kekuatan ekonomi digital baru dunia.

“Pengalaman pengelolaan isu infrastruktur, ekonomi digital, literasi digital, regulasi, industri, dan tata kelola internet akan menjadi bahan sharing saya,” ujar Menteri Johnny.

Selain itu, imbuh dia, Indonesia masih memiliki banyak kisah sukses dalam pengelolaan internet untuk kepentingan produktivitas seperti e-commerce hingga hiburan di media sosial.

Faktor kesuksesan tata kelola internet di Indonesia

Menkominfo juga akan berbagai mengenalkan apa saja faktor kesuksesan tata kelola internet di Indonesia. Menurut dia, kesuksesan itu bukan semata karena tingginya jumlah penduduk.

“Ada berbagai strategi dan kebijakan pengembangan teknologi informasi serta komunikasi, berikut ekosistem dan industrinya,” kata Johnny.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X