Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Supaya Visi Anggaran 2020 Sama, Mendagri Bakal Panggil Seluruh Kepala Daerah Bulan Ini

Kompas.com - 01/11/2019, 17:05 WIB
Deti Mega Purnamasari,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tiro Karnavian berencana memanggil seluruh kepala daerah di Indonesia pada pertengahan November mendatang.

Pemanggilan tersebut berhubungan dengan penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020 mendatang.

"Nanti supaya visi (soal anggaran) sama semua, saya sudah sampaikan ke Bapak Presiden, pertengahan November, seluruh kepala daerah akan kami undang," kata Tito di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (1/11/2019).

Baca juga: Serapan APBD 2019 Baru 60 Persen, Mendagri Minta Seluruh Kepala Daerah Perhatikan Belanja Modal

Saat pemanggilan tersebut, kata dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan visi misi pemerintah pusat selama dua hari.

Hal tersebut dimaksudkan agar seluruh kepala daerah memahami visi misi yang diinginkan Presiden dan diakomodir dalam Rancangan APBD (RAPBD) mereka sehingga sesuai dengan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (RAPBN).

Selain itu, para menteri koordinator (menko) juga akan menjabarkan seluruh program pemerintah untuk tahun 2020 mendatang.

Baca juga: Mendagri Tak Mau Intervensi Polemik RAPBD DKI 2020

"Setelah itu para menteri-menteri terkait seperti menteri kesehatan, koperasi, menteri desa dan transmigrasi, menteri keuangan, menteri BKPM investasi. Ini menteri-menteri terkait langsung program pembangunan di daerah kami berikan kesempatan untuk bicara dan nanti ada panel," kata dia.

Tito berharap, melalui pertemuan tersebut para pimpinan daerah bisa memahami visi pemerintah pusat, baik dari presiden maupun para menteri.

"Setelah itu APBD-nya disesuaikan, revisi disesuaikan dengan poin-poin itu disamping kebutuhan daerah," tutup dia.

Kompas TV Sehari setelah dilantik, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memprioritaskan stabilitas politik dan penyerapan anggaran di awal masa kerjanya.<br /> Hal ini disampaikan Tito Karnavian yang menghadiri apel di Kantor Kementerian Dalam Negeri. Salah satu perhatian Tito Karnavian yakni meminta kepala daerah berperan menjaga stabilitas politik di daerah masing-masing. Selain itu, Tito juga memberi perhatian soal anggaran.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com