Pansel Akan Serahkan 10 Nama Capim KPK ke Presiden Jokowi 2 September

Kompas.com - 18/07/2019, 17:07 WIB
Ketua Pansel KPK Yenti Garnasih di Hotel Morrisey, Jakarta, Rabu (3/7/2019) KOMPAS.com/HaryantipuspasariKetua Pansel KPK Yenti Garnasih di Hotel Morrisey, Jakarta, Rabu (3/7/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yenti Garnasih menuturkan bahwa pihaknya akan menyerahkan 10 nama calon yang lolos proses seleksi ke Presiden Joko Widodo pada 2 September mendatang.

"Tanggal 2 September kita serahkan (10 nama calon) ke Presiden," ujar Yenti dalam sebuah diskusi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Yenti menjelaskan, dari tahapan yang sudah ditentukan, proses seleksi akan berakhir pada 30 Agustus. Adapun proses seleksi dimulai dari seleksi administrasi, uji kompetensi, psikotes dan wawancara untuk mengetahui rekam jejak para calon.

Baca juga: Dalam Makalah Tes Capim KPK, Laode Usulkan KPK Tak Hanya di Jakarta

Selain itu pansel juga mewacanakan adanya debat publik bagi seluruh calon yang lolos seleksi wawancara.

"Dengan tahapan-tahapan yang sudah kita atur insya Allah tanggal 30 Agustus itu selesai," kata Yenti.

Seperti diketahui, dari 376 pendaftar capim KPK, pada 11 Juli lalu, pansel mengumumkan ada 192 orang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Dari jumlah itu, porsi terbesar, yaitu 40 orang berlatar belakang profesi akademisi/dosen.

Baca juga: Jadi Capim, Staf Ahli Kapolri Jamin Independensi KPK

Kemudian diikuti advokat/konsultan hukum (39), jaksa/hakim (18), korporasi (17), komisioner atau pegawai KPK (13), anggota Polri (13), auditor (9), dan profesi lain (43).

Saat ini pansel menggelar uji kompetensi Gedung Pusdiklat Kemensetneg, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2019).

Pansel akan mengumumkan capim yang lolos uji kompetensi pada Senin (22/7/2019). Kemudian peserta akan mengikuti psikotes pada 28 Juli.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X