Wiranto Pastikan Investigasi Kerusuhan 22 Mei Libatkan Komnas HAM

Kompas.com - 13/06/2019, 18:42 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Gedung PPATK, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2019).  CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.comMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Gedung PPATK, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto memastikan Komnas HAM sudah dilibatkan dalam menginvestigasi kerusuhan 22 Mei 2019.

Ia mengatakan, dalam investigasi kerusuhan tersebut, Polri dan Komnas HAM membentuk tim masing-masing. Nantinya, kedua pihak akan saling berkomunikasi.

"Kepolisian sudah melakukan (pembentukan) satu tim pencari fakta, dan kepolisian sudah mengatakan bahwa akan terus melakukan komunikasi dengan Komnas HAM," kata Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Wiranto menyebutkan, Polri akan bekerja sendiri dalam menginvestigasi kerusuhan tersebut. Demikian pula Komnas HAM.


Baca juga: Wiranto: Mengumumkan Dalang Kerusuhan 22 Mei Sekarang Terlalu Prematur

Masing-masing lembaga akan saling melengkapuli data ketika menginvestigasi kerusuhan tersebut.

"Apa yang ditemukan oleh kepolisian tapi tidak ditemukan oleh Komnas HAM kemudian diberikan di sana. Komnas HAM menemukan sesuatu yang belum ditemukan kepolisian diserahkan ke polisi," ujar Wiranto.

"Jadi ada komunikasi silang ya. Saling melengkapi saling menutup. Enggak usah diburu-buru disalahkan, dikritik, belum selesai. Kadang masyarakat kurang sabar untuk menunggu ini. Percayalah bahwa aparat keamanan, aparat kepolisian kita sungguh-sungguh menangani," lanjut dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X