Cegah Kemacetan, Kapolri Imbau Pemudik Hindari Pulang Sabtu dan Minggu

Kompas.com - 05/06/2019, 11:14 WIB
Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Masjid Mabes Polri, Jakarta, Rabu (5/6/2019).KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Masjid Mabes Polri, Jakarta, Rabu (5/6/2019).


JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian mengimbau para pemudik tidak kembali ke Ibu Kota pada Sabtu dan Minggu selama libur Lebaran. Hal ini guna mengantisipasi kemacetan panjang akibat arus balik.

Baca juga: Arus Balik Mudik, Polri Larang Truk Lewati Tol pada 8-10 Juni

"Kalau semua kembali di hari Sabtu, Minggu, apalagi di hari Minggu, ini akan terjadi puncak gelombang. Saran dan imbauan dari kepolisian, tolong bagi yang sudah lama, upayakan hari Jumat pulang," ujar Tito, di Mabes Polri, Rabu (5/6/2019).

Tito mengatakan, alternatif lainnya adalah dengan kembali ke Jakarta pada Senin dan Selasa pekan depan. Terutama apabila pemudik mendapat cuti lebih panjang.


Baca juga: Arus Balik Diprediksi Terjadi Lebih Awal

Selain itu, selama arus balik, pemudik dapat memantau kondisi jalan melalui berita di media massa atau menggunakan aplikasi online yang dapat menampilkan kondisi lalu lintas.

"Dikhawatirkan terjadi kepadatan yang luar biasa di hari Sabtu dan Minggu. Upayakan jangan paksakan diri," kata Tito.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X