Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wiranto: Hormat Saya ke Prabowo jika Bisa Kontrol Pendukungnya

Kompas.com - 24/05/2019, 10:50 WIB
Ihsanuddin,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto berharap seruan calon presiden Prabowo Subianto untuk menghindari kekerasan dan taat hukum bisa didengar oleh para pendukungnya.

"Kalau itu dilaksanakan, saya hormat betul kepada beliau," kata Wiranto dalam sebuah video yang dirilis tim media Kemenko Polhukam, Jumat (24/5/2019) pagi.

Dalam video yang diambil saat sahur Jumat dini hari itu, Wiranto tengah berbincang dengan sejumlah orang. Mantan Panglima ABRI itu ditanya soal imbauan Prabowo kepada para pendukungnya.

Baca juga: Maruf Amin: Kita Senang Prabowo Tempuh Jalur MK, Tak Ada Lagi Protes di Jalanan

 

Wiranto memuji imbauan yang disampaikan Prabowo itu sejalan dengan pesan persatuan yang sebelumnya disampaikan Presiden Joko Widodo.

Ia juga sepakat dengan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudoyono yang menyebut bahwa nama Prabowo bisa tercatat secara baik dalam sejarah demokrasi Indonesia.

"Namun, kita lihat nanti kalau seandainya masih ada niatan dari para pendukungnya, pengikutnya, untuk melakukan aksi-aksi yang anarkis, seperti yang terjadi kemarin itu, yang paling bertanggung jawab untuk menghentikan itu hanya sang pemimpin, Pak Prabowo sendiri," ujar Wiranto.

Baca juga: Sebar Video Provokasi, Koordinator Relawan Prabowo–Sandi Aceh Terancam 10 Tahun Penjara

 

"Tentu kita mengharapkan bahwa para pengikut beliau, pendukung beliau, ya mematuhi apa yang diinstruksikan Pak Prabowo. Karena itu, akan membangun suatu suasana yang damai suasana tenang, terutama di bulan suci Ramadan, agar para pemeluk agama Islam yang sekarang melaksanakan ibadah puas dapat melaksanakannya dengan baik," tambah dia.

Kompas TV Polisi bantah menggunakan peluru tajam saat membubarkan massa aksi di depan Gedung Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat dan Petamburan, Jakarta Barat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com